3 Cara Terbebas Utang Pinjol dengan Tepat, Simak Langkahnya

Sabtu 17-08-2024,10:00 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Bagi pengguna layanan keuangan mungkin terbebas utang pinjol merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan, namun untuk melakukan hal ini tentunya memerlukan suatu usaha yang sangat keras.

Pasalnya banyak cara yang dapat anda lakukan supaya dapat terbebas utang pinjol, cara tersebut cukup efektif jika dilakukan dengan tepat.

Sebelum melakukan cara supaya terbebas utang pinjol, langkah awal yang perlu anda pahami yakni dengan memahami situasinya terlebih dahulu.

Setelah itu anda dapat menyusu strategi pembayarannya, dengan melakukannya secara tepat maka anda dapat segera terbebas utang pinjol.

BACA JUGA:Bagaimana Utang Pinjol Jika Tidak Bisa Dibayar? Simak Penjelasannya

Nah berikut ini akan kami beritahu beberapa langkah supaya terbebas utang pinjol, yuk simak ulasannya dibawah ini.

Cara Terbebas Utang Pinjol :

Memahami Situasi

Langkah awal untuk terbebas utang pinjol yaitu dengan memahami situasinya terlebih dahulu, diantaranya:

  1. Evaluasi Total Utang: Buatlah daftar lengkap semua pinjaman online yang Anda miliki. Catat jumlah pokok utang, bunga, dan jatuh tempo pembayaran.
  2. Hitung Pendapatan dan Pengeluaran: Analisis dengan cermat pendapatan bulanan Anda dan bandingkan dengan total pengeluaran. Identifikasi pos-pos pengeluaran yang bisa dikurangi.
  3. Prioritaskan Utang: Urutkan utang berdasarkan tingkat bunga. Lunasi terlebih dahulu utang dengan bunga tertinggi untuk meminimalkan biaya tambahan.

Menyusun Strategi Pembayaran

Setelah memahami situasinya, langkah selanjutnya yaitu menyusun strategi pembayarannya yaitu:

  1. Buat Anggaran: Susun anggaran yang realistis dan pastikan setiap rupiah yang Anda terima dialokasikan untuk membayar utang.
  2. Cari Penghasilan Tambahan: Jika memungkinkan, cari pekerjaan sampingan atau jual barang-barang yang tidak terpakai untuk menambah pendapatan.
  3. Negosiasi dengan Penyedia Pinjaman Online: Cobalah untuk bernegosiasi dengan pihak penyedia pinjaman online untuk mendapatkan keringanan pembayaran, seperti penundaan jatuh tempo atau pengurangan bunga.

Mencegah Terulang Kembali

Supaya anda tidak terjebak ke lubang yang sama lagi anda perlu melakukan langkah pencegahan, yaitu:

  1. Hindari Pinjaman Baru: Jangan tergoda untuk mengambil pinjaman baru hanya untuk melunasi utang yang lama. Ini hanya akan memperparah masalah.
  2. Tingkatkan Literasi Keuangan: Pelajari tentang manajemen keuangan pribadi, cara berinvestasi, dan pentingnya menabung.
  3. Bangun Darurat Fund: Sisihkan sebagian penghasilan Anda untuk membuat dana darurat. Ini akan membantu Anda menghadapi pengeluaran tak terduga tanpa harus bergantung pada pinjaman.

Tips Tambahan

  1. Jangan Menutup Nomor Telepon: Meskipun tertekan dengan penagihan, jangan menutup nomor telepon Anda. Komunikasi yang baik dengan penyedia pinjol akan membantu menyelesaikan masalah.
  2. Laporkan Pinjaman Online Ilegal: Jika Anda menjadi korban pinjaman online ilegal yang melakukan tindakan penagihan yang tidak etis, laporkan segera ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  3. Cari Dukungan: Bicarakan masalah Anda dengan keluarga atau teman terdekat. Dukungan mereka akan sangat berarti dalam melewati masa sulit ini.

Membebaskan diri dari jerat utang pinjaman online memang membutuhkan waktu dan usaha yang tidak sedikit. Namun, dengan komitmen dan strategi yang tepat, Anda pasti bisa melakukannya. Ingatlah, penting untuk tidak menyerah dan terus berusaha untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih baik.

Kategori :