Solusi saat Gagal Bayar Pinjaman Online

Kamis 15-08-2024,22:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID - Apa yang sebaiknya dilakukan jika Anda tidak dapat memenuhi kewajiban pembayaran pinjaman online yang ilegal? Berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat terapkan saat gagal Pinjaman online.

Solusi yang dapat terapkan saat gagal pinjaman online. Pinjol merupakan singkatan dari pinjaman online. Untuk dapat menjalankan layanan pinjaman online, seseorang harus mendaftarkan usahanya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jika pinjaman online tersebut tidak terdaftar di OJK, maka dapat dikategorikan sebagai pinjol ilegal. Dengan demikian, pinjol ilegal adalah praktik peminjaman uang secara daring yang tidak terdaftar dan tidak memiliki izin resmi dari OJK. Ketahui solusi yang dapat terapkan saat gagal pinjaman online.

BACA JUGA:Catat! Begini Cara Melunasi Utang Pinjol

Kegagalan membayar tagihan pinjaman online terjadi ketika seorang debitur tidak mampu melunasi cicilan pinjamannya dari penyedia layanan pinjaman online. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan pinjol, debitur perlu memahami kebutuhan dan kemampuan mereka untuk mengembalikan uang yang dipinjam. Yuk simak ulasan solusi yang dapat terapkan saat gagal pinjaman online dan baca sampai selesai ya!

Strategi Mengatasi Gagal Bayar Pinjaman Online Ilegal  

Apa yang sebaiknya dilakukan jika Anda tidak dapat membayar pinjaman online ilegal? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah gagal bayar pinjol ilegal, berdasarkan informasi dari AFPI dan OJK:

1. Melaporkan kepada pihak berwenang  

Jika Anda mengalami teror atau ancaman yang mengganggu, segera laporkan kepada pihak berwajib atau kepolisian. Anda berhak untuk melaporkan pinjol ilegal karena mereka beroperasi di luar hukum, dan tindakan penagihan yang mengancam jiwa adalah pelanggaran hukum.

2. Meminta restrukturisasi pinjaman  

Anda dapat mengajukan permohonan kepada penyedia pinjaman ilegal untuk mendapatkan keringanan, seperti perpanjangan waktu pembayaran, diskon cicilan, atau potongan total utang dalam satu kali pembayaran.

3. Negosiasi untuk menurunkan bunga dan denda  

Cobalah untuk bernegosiasi dengan pinjol ilegal secara baik-baik untuk mengurangi jumlah bunga dan denda yang dikenakan.

BACA JUGA:Catat! Ini 4 Pinjol Tanpa DC Lapangan

4. Buatlah surat perjanjian dengan pinjol ilegal

Kategori :