Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang segera Luncurkan Program Layanan Posyandu

Kamis 15-08-2024,11:00 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pemalang dalam waktu dekat akan meluncurkan program integrasi layanan kesehatan posyandu untuk semua tingkatan usia. Terutama pada balita, remaja, ibu hamil/menyusui dan lansia. Hal itu dalam rangka pemerataan kualitas kesehatan di lingkungan masyarakat

"Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat tentang kesehatan," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Pemalang dr Yulies Nuraya.

BACA JUGA:LDII Adakan Kerja Bakti Nasional Sambut HUT RI

Menurutnya, integrasi kesehatan untuk layanan posyandu dari sebelumnya hanya untuk balita, ibu hamil/menyusui dan lansia. Kini menjangkau usia remaja, karena besarnya peran posyandu dalam peningkatan kesejahteraan kesehatan masyarakat. Oleh sebab itu, program integrasi kesehatan perlu dilaksanakan agar masyarakat di segala usia dapat melakukan pemeriksaan kesehatan mereka langsung ke posyandu.

“Kita akan mulai melaksanakan integrasi kesehatan untuk layanan posyandu di lingkungan masyarakat," terangnya. 

BACA JUGA:Tentang Isu Pakaian Dinas Upacara Paskibraka

Masing-masing RW nantinya akan memiliki posyandu untuk segala usia, dari balita, remaja, ibu hamil/menyusui dan lansia. Dalam rangka persiapan program ini, pihaknya mulai melakukan pelatihan untuk para kader-kader posyandu. 

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar rumah. Terutama pada pergantian musim hujan ke musim kemarau sering terjadi penularan penyakit seperti demam, flu, batuk dan lainnya.

“Masyarakat juga harus paham untuk menjaga kesehatan. Pemenuhan gizi melalui makanan pun jangan dilewatkan,” pungkasnya.

Kategori :