7 Cara Mudah Memilih Pinjaman Online yang Aman

Sabtu 10-08-2024,20:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Bacalah seluruh persyaratan dan ketentuan yang tertulis dalam halaman tersebut secara teliti dan hati-hati. Pahami semua klausulnya dan hubungi CS perusahaannya jika kalian memiliki pertanyaan seputar syarat dan ketentuannya. Jangan sampai kalian menyetujui klausul persyaratan yang justru memberatkan dan tidak bisa disanggupi.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih Jika Tak Mau Rugi, Inilah 10 Tips Memilih Pinjol dengan Benar

5. Gunakan Aplikasi dan Situs Web Resmi Pinjol

Aplikasi resmi pinjol lebih mudah ditemukan di toko aplikasi smartphone, bukan melalui SMS promosi pinjaman dengan link yang kurang jelas. Sebelum mengunduh aplikasi tersebut, cek juga tampilan interface aplikasi tersebut di bagian galerinya. Hindari mengunduh aplikasi pinjol yang ditawarkan melalui SMS karena berisiko menyebarkan virus ke Hp.

Penyelenggara pinjol yang legal juga menggunakan website sebagai sarana informasi dan promosi layanannya. Kunjungi website tersebut dan periksa juga tampilannya. Apabila tampilannya menarik dan website-nya mudah diakses, berarti penyelenggara tersebut sangat tepercaya. 

6. Cek Suku Bunganya

Suku bunga merupakan komponen penting dalam pengajuan kredit. Kalian harus memastikan suku bunga yang ditawarkan aplikasi tersebut tidak melebihi batas maksimum dari OJK yaitu 0,4% per hari.

Informasi bunga pinjaman bisa didapatkan melalui website atau media sosial perusahaan pinjol tersebut. Cari tahu informasinya dan pastikan kalian menyanggupi besaran bunga tersebut selama masa kredit. Pilihlah aplikasi yang menawarkan bunga wajar sesuai proses pengajuan dan jangka waktu pinjamannya.

BACA JUGA:7 Tips Memilih Pinjol Terpercaya yang Aman dan Terdaftar di OJK

7. Pastikan Aplikasi Pinjol Terdaftar di OJK

Aplikasi pinjol dan layanan financial technology (fintech) lainnya harus terdaftar dalam dan memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lembaga ini berperan sebagai pengawas kegiatan keuangan secara online, termasuk kredit.

Tidak semua aplikasi berlabel OJK di toko aplikasi (app store) terdaftar dan berizin resmi dari lembaga tersebut. Jadi, lakukan pengecekan dengan mengunjungi website OJK. Kalian akan terhindar dari tindakan penipuan serta aplikasi layanan pinjol yang tidak sesuai regulasi OJK.

Itulah beberapa informasi seputar cara memilih aplikasi pinjol yang aman yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan pinjaman yang terpercaya. Semoga bermanfaat.

Kategori :