Pemkab Tegal Diminta Update Data Penerima Manfaat

Sabtu 10-08-2024,09:00 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal diminta untuk melakukan update data atau pendataan ulang kepada penerima manfaat. Sehingga program pemerintah untuk menanggulangi angka kemiskinan bisa tepat sasaran.

Hal itu dilontarkan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tegal H Memet Said saat Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap pengantar nota keuangan rancangan APBD Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2025.  

Fraksi PDI Perjuangan berharap, saat melakukan pendataan ulang, supaya tidak membeda-bedakan para calon penerima manfaat. Pendataan juga harus benar-benar riil.

"Kami lihat, data yang sekarang banyak yang belum valid. Sehingga harus diperbaiki lagi," ucapnya.

BACA JUGA:Humas Satpol PP Kabupaten Tegal Ikuti Bimtek Jurnalistik

Dalam kesempatan itu, Fraksi PDI Perjuangan juga menghendaki agar APBD dimanfaatkan secara maksimal. Diprioritaskan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, berbagai masalah di Kabupaten Tegal dapat terpecahkan oleh kebijakan pemerintah daerah.

Termasuk untuk pengelolaan APBD, harus direncanakan secara matang, terarah, proporsional, objektif dan transparan.

"Jangan sampai meninggalkan asas keadilan demi terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera seperti yang tercantum dalam UUD 1945 pada sila kelima Pancasila," kata Memet Said.

Dia berujar, Fraksi PDI Perjuangan juga meminta agar pemerintah daerah selalu memperhatikan para pengusaha kecil.

BACA JUGA:Berstandar Nasional, Rumput Stadion Trisanja Telan Anggaran hingga Rp2,4 Miliar

Karena itulah, Rancangan APBD Tahun Anggaran 2025 supaya dibahas dalam suasana kebersamaan. Tujuannya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tegal. Baik itu Kebijakan Pendapatan Daerah, maupun Kebijakan Belanja Daerah dan Pembiayaan Daerah.

"Semua itu harus benar-benar berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan demi kelancaran penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Tegal," ucapnya.

BACA JUGA:Adu Taktik Karyawan Air di Kabupaten Tegal Warnai HUT RI

Menanggapi pandangan umum Fraksi PDI Perjuangan, Pj bupati Tegal melalui Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Joko Kurnianto mengatakan bahwa Pemkab Tegal akan terus berkomitmen. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan semua pendapatan dan penerimaan melalui program-program pembangunan daerah. Yang dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat Kabupaten Tegal.

Menurutnya, program itu sudah direncanakan secara matang, terarah dan proporsional, objektif dan transparan melalui Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Tegal tahun 2025- 2026. 

Kategori :