Ciri-ciri Pinjol Ilegal dan Cara Menghindarinya

Jumat 09-08-2024,15:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID. - Pinjol ilegal dapat menimbulkan berbagai masalah keuangan. Pelajari ciri-ciri pinjol ilegal dan cara menghindari.

Pinjol ilegal adalah layanan pembiayaan yang ditawarkan oleh individu tertentu secara daring. Sayangnya, layanan ini tidak terdaftar dan tidak memiliki badan hukum yang jelas. Maka dari itu, kenali ciri - ciri pinjol illegal dan cara menghindarinya.

Pinjol illegal akibat proses operasionalnya sering kali tidak mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, sehingga berpotensi menimbulkan penipuan. Sangat penting bagi pengguna untuk mengetahui ciri - ciri  pinjol illegal dan cara menghindarinya.

Pinjaman online ilegal memang sangat berisiko karena pembiayaan yang diberikan tidak berdasarkan peraturan yang ada. Alih-alih mendapatkan bantuan finansial, Anda justru bisa terjerumus lebih dalam ke dalam masalah keuangan. Untuk mengetahui lebih lanjut simak ketahui ciri - ciri pinjol illegal dan cara menghindarinya.

BACA JUGA:6 Rahasia Meminjam di Pinjol Terpercaya

Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

Untuk menghindari pinjaman ilegal, Anda dapat mengenali 6 ciri-ciri berikut ini:

1. Tidak terdaftar dan tidak memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga tidak memiliki legalitas yang sah.

2. Aplikasi pinjaman ilegal sering meminta akses ke data pribadi peminjam, bahkan yang tidak relevan dengan proses peminjaman.

3. Menetapkan bunga, denda, dan biaya yang tinggi tanpa penjelasan yang jelas dalam perjanjian.

4. Melakukan penagihan angsuran dengan cara yang tidak etis, sering kali disertai ancaman dan kata-kata kasar. Penagih atau debt collector tersebut biasanya tidak memiliki sertifikat resmi.

5. Lokasi kantor tidak jelas. Umumnya, kantor pinjaman ilegal berada di luar negeri, sehingga menyulitkan pihak berwenang jika terjadi masalah.

6. Pinjaman ilegal tidak memiliki layanan pengaduan, sehingga peminjam tidak akan bisa menyampaikan aduannya jika terjadi suatu masalah.

BACA JUGA:Catat! Begini Modus Teror Pinjol dan Cara Mencegahnya

Cara Menghindari Pinjaman Online Ilegal

Kategori :