Siap Dikibarkan saat Upacara, Pj Wali Kota Terima Duplikat Bendera Pusaka

Jumat 09-08-2024,09:00 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri menerima duplikat bendera pusaka yang nanti akan dikibarkan saat upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tingkat Kota Tegal. Duplikat bendera pusaka diserahkan langsung dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tegal Budi Saptaji di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Selanjutnya, duplikat bendera pusaka tersebut diserahkan kepada Pj Wali Kota Tegal Dadang Somantri.

“Kita harus mengenang dan meneruskan jasa-jasa para pahlawan apa yang sudah dilakukan dengan mengisi kemerdekaan ini dengan karya-karya terbaik,” ujarnya.

BACA JUGA:Gagas Inovasi Paket Wisata Desa Guci Kabupaten Tegal

Dalam kesempatan tersebut, Dadang juga menyampaikan bahwa duplikat bendera pusaka ini untuk pertama kalinya diserahkan kepada Pemerintah Daerah. Sehingga Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tegal yang sudah sekian lama berlatih akan merasakan sesuatu yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dadang mengatakan bahwa duplikat bendera pusaka yang diterima, dibuat sedemikian rupa. Sehingga antara warna putih dan merah ini sudah tidak terlihat ada jahitan.

BACA JUGA:Optimalkan Penempatan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

“Semoga menjadi penyemangat, menjadi sejarah memori terbaik bagi para Paskibraka di kota tegal, tidak semua orang memiliki kesempatan ini dan mudah-mudahan bendera ini bisa terawat dengan baik, karena akan disimpan di ruang wali kota dan hanya dikibarkan setahun sekali pada tanggal 17 agustus,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Kota Tegal, Budi Saptaji mengatakan, Duplikat Bendera Pusaka merah putih ini sekaligus sebagai alat pemersatu dan simbol negara yang harus selalu di jaga, jadi apapun yang akan kita raih kedepan  tentunya ini adalah sebuah harapan besar khususnya bagi kota tegal untuk menuju Indonesia emas 2045.

BACA JUGA:Evaluasi Kinerja UPTD Pasar di Kabupaten Tegal

“Kita ingin anak-anak muda terus memiliki peluang, memiliki semagat memajukan Kota Tegal dan anak-anak Paskibraka harus menjadi inspirator dan teladan bagi anak-anak muda yang lain di Kota Tegal,” ujar Budi Saptaji.

Sementara itu Diva, salah satu perwakilan Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Tegal, dari SMA 1 Kota Tegal yang juga turut membawa Duplikat Bendera Pusaka saat penyerahan kepada Pj Wali Kota Tegal.

"Saya berharap pada tanggal 17 agustus mendatang dapat mengibarkan duplikat bendera pusaka dengan baik, lancar dan segalanya sempurna," pungkasnya.

Kategori :