5 Keuntungan Menggunakan Pinjaman KUR

Rabu 07-08-2024,16:15 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

3. Syarat Pengajuan Cenderung Mudah

Anda tidak perlu bingung tentang apa saja syarat pengajuan pinjaman KUR. Syarat pengajuan nya cukup mudah. Anda cukup datang ke penyedia layanan Kredit Usaha Rakyat terdekat maupun dengan sistem online. Persyaratannya cuku mudah seperti fotokopi KTP, KK, serta NPWP. Selain itu, Anda juga wajib memiliki Surat Keterangan Usaha (asli), pas foto 4×6, dan fotokopi surat nikah (bagi yang sudah menikah).

Untuk pinjaman KUR dengan nominal diatas 50 juta, Anda harus menyertakan fotokopi jaminan atau agunan untuk memenuhi persyaratan pengajuan pinjaman. Contohnya seperti BPKB Mobil, SHM, dan SHGB.

Apabila persyaratan yang ditentukan sudah Anda penuhi, maka usaha yang Anda miliki akan disurvei terlebih dahulu. Jika lolos survey, maka pencairan dana akan dilakukan. Proses pengajuan pinjaman bisa beragam.

Bisa hanya sekitar 1 - 2 hari, tetapi bisa juga mencapai 1 - 2 bulan. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, selama persyaratan pinjaman KUR telah dipenuhi, Anda hanya perlu sabar menunggu pencairan dananya.

4. Pinjaman KUR Dapat Diajukan Tanpa Jaminan

Ada beberapa jenis KUR yang tidak memerlukan jaminan harta benda. Contohnya seperti KUR Mikro, Super Mikro dan Kecil. Jenis KUR tersebut bisa diajukan dengan memberikan fotokopi dokumen penting, yaitu KTP, KK, dan Surat Keterangan Usaha. 

Sebelum ada program KUR, mengajukan pinjaman tanpa jaminan  merupakan hal yang hampir tidak mungkin. Kecuali jika Anda datang kepada rentenir atau bank keliling.

Ketika menggunakan layanan pinjaman di koperasi atau bank, paling tidak, kita harus membawa barang berharga yang dapat dijaminkan, seperti emas, barang elektronik, maupun surat-surat berharga. 

5. Tenor Pelunasan Cukup Panjang

Bagaimana dengan program pinjaman KUR? Anda bisa merasa lebih lega, karena tenor yang ditawarkan bisa mencapai 5 tahun. Tentu saja hal tersebut bisa didapatkan dengan memilih limit pinjaman tertentu. Limit tersebut bisa bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing penyedia layanan pinjaman KUR. 

Misalnya Anda mengajukan pinjaman sebesar 100 juta. Jika kita menggunakan program KUR dengan tenor 5 tahun, maka Anda cukup mengangsur sebesar 2 jutaan saja setiap bulannya. 

Kemudahan yang ditawarkan pinjaman KUR ini pastinya akan membuat usaha Anda lebih lancar. Anda bisa pelan-pelan membayar kredit bulanan sambil menunggu usaha Anda balik modal.

Tidak hanya menyediakan pinjaman untuk berbagai keperluan, berikut adalah keuntungan lain jika Anda menggunakan layanan Fasilitas Dana ACC:

Pengajuan yang tidak kalah mudah karena Anda cukup mengisi formulir pengajuan secara online. Dalam waktu 1 × 24 jam, tim telemarketing ACC akan menghubungi Anda untuk melanjutkan proses verifikasi data dan pengajuan aplikasi Jangka waktu pelunasan hingga 3 tahun, sehingga angsuran per-bulan menjadi lebih fleksibel dan ringan

Limit dana disediakan berdasarkan apa yang dijaminkan, dan jumlahnya bisa mencapai ratusan juta rupah. Dalam hal ini jaminan yang dibutuhkan adalah BPKB Mobil.  Prosesnya cepat, jika pengajuan Anda telah lengkap dan disetujui membutuhkan waktu hanya 3 (tiga) hari kerja.

Kategori :