Layar Hp Tidak Bisa Disentuh? Ternyata ini Penyebabnya

Rabu 07-08-2024,11:45 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

Benda asing: Debu, kotoran, atau benda asing yang menempel pada layar dapat mengganggu fungsi sensor sentuh.

Suhu ekstrem: Paparan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempengaruhi kinerja layar sentuh.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh :

1. Restart Perangkat

Langkah pertama yang paling sederhana adalah merestart smartphone Anda. Terkadang, masalah kecil pada sistem operasi dapat teratasi dengan restart.

2. Bersihkan Layar

Pastikan layar HP Anda bersih dari debu, kotoran, atau bekas sidik jari. Gunakan kain microfiber yang lembut dan sedikit cairan pembersih khusus layar.

3. Lepaskan Screen Protector

Jika Anda menggunakan screen protector, coba lepaskan untuk sementara. Terkadang, screen protector yang tidak berkualitas atau terpasang tidak sempurna dapat mengganggu fungsi layar sentuh.

4. Masuk ke Safe Mode

Safe mode adalah mode khusus yang hanya menjalankan aplikasi bawaan HP. Jika masalah terjadi karena aplikasi pihak ketiga, coba masuk ke safe mode untuk mengidentifikasinya.

5. Periksa Konektor Layar

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang cukup, Anda bisa mencoba membuka HP dan memeriksa apakah konektor layar terpasang dengan benar. Namun, langkah ini sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

6. Lakukan Factory Reset

Factory reset akan mengembalikan HP ke pengaturan pabrik. Namun, sebelum melakukan factory reset, pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting.

7. Bawa ke Service Center

Kategori :