11 Cara Mudah Melunasi Utang yang Menumpuk agar Cepat Lunas

Selasa 06-08-2024,16:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Cara melunasi hutang yang menumpuk, terkadang hutang menjadi bagian dari hidup. Dengan kebutuhan biaya hidup yang tinggi yang disertai inflasi, agak sulit untuk membayar barang tanpa hutang. Namun harus berhati-hati saat mengambil hutang. 

Ketika kondisi ekonomi sedang tidak membaik, kita dituntut untuk lebih cerdas dalam mengatur keuangan. Dengan ini, kalian harus mengetahui cara melunasi hutang yang menumpuk. 

Supaya bisa menekan pengeluaran bulanan agar tidak membengkak dan membebani kondisi finansial. Apalagi jika sedang terlilit utang ditambah lagi masih banyak pengeluaran yang harus dipenuhi, kita tentu harus segera memutar otak demi bisa keluar dari permasalahan tersebut. Untuk itu, cara melunasi hutang yang menumpuk perlu kalian ketahui. 

Nah, bagi kalian yang terlanjur memiliki hutang yang banyak dan bingung bagaimana cara melunasi hutang yang menumpuk dengan cepat, simak tipsnya berikut ini. 

BACA JUGA:6 Cara Efektif Melunasi Hutang Pinjol dengan Tepat Waktu, Solusi Bebas dari Tagihan Pinjol

Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk 

1. Cari Pendapatan Tambahan

Cara melunasi hutang yang menumpuk yaitu cari pendapatan tambahan, Ada banyak hal yang dapat kalian lakukan. Kalian bisa cari uang melalui internet, membuat usaha sampingan, mencari pendapatan pasif atau mencari pekerjaan part time.

2. Tekan Pengeluaran

Kalian bisa melakukan ini dengan mengatur uang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, buat juga semacam anggaran atau budgeting untuk membantu melunasinya.

3. Take Over Kredit

Bila kalian benar-benar sudah tidak sanggup lagi membayar hutang, maka kalian bisa menjual barang / rumah yang kalian angsurkan. Gunakan hasilnya untuk membayar sisa hutangmu.

BACA JUGA:5 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Tepat Waktu, Hindari Kejaran Debt Collector Datang ke Rumah

4. Transfer Balance Kartu Kredit

Pindahkan tagihan kartu kredit kalian ke bank lain yang menawarkan bunganya lebih rendah atau bunga flat.

Kategori :