5 Cara Efektif Mengatasi Hp Cepat Panas dengan Mudah

Selasa 06-08-2024,12:45 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - HP menjadi salah satu gadget yang wajib di bawa kemana mana saat ini. Insentitas pengggunaanya yang tinggi bisa membuat ponsel cepat panas. Perlu ketahui cara efektif mengatasi HP cepat panas dengan mudah.

Penyebab HP panas biasanya bermacam-macam, mulai dari penggunaan perangkat HP yang terlalu lama, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak, hingga pengisian daya yang berlebihan. Maka Anda perlu tahu cara efektif mengatasi HP cepat panas dengan mudah agar tidak cepat rusak.

HP menjadi sering panas karena terlalu sering digunakan atau memiliki terlalu banyak aplikasi aktif. Namun, ini juga bisa disebabkan karena malware, perangkat lunak yang tidak berfungsi, hingga paparan sinar matahari langsung. Agar kinerja HP bisa kembali normal maka ketahui cara efektif mengatasi HP cepat panas dengan mudah.

Nah, Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan ada 5 cara efektif mengatasi HP cepat panas secara mudah, dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:5 Tips Memilih Hp Baru Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Berikut ini 5 cara efektif mengatasi HP cepat panas dengan mudah :

1. Perbarui Aplikasi Lama dan Aktifkan Mode Pesawat

Sejumlah aplikasi yang masih bertahan dengan versi lama dapat memakan daya lebih banyak. Sejumlah aplikasi tersebut biasanya mendapatkan pembaruan tertentu oleh pihak pengembang yang dapat memperbaiki bug dan meningkatkan efisiensi daya pemakaian aplikasi.

Oleh karena itu, kamu juga perlu memeriksa dan memperbarui aplikasi yang terdapat di perangkat HP kamu secara teratur.   Semakin besar dan lama data internet digunakan, maka semakin besar daya baterai HP untuk terus bekerja tanpa henti. Oleh karena itu, kamu perlu mengistirahatkan kinerja HP yang sedang overheat.

Kamu bisa mengaktifkan mode pesawat untuk mematikan data internet dan daya baterai HP untuk sementara waktu. Penggunaan mode pesawat ini merupakan langkah yang lebih optimal daripada sekadar menonaktifkan data internet. 

2. Turunkan Kecerahan Layar dan Matikan Semua Aplikasi

Salah satu penyebab HP panas adalah tingginya intensitas maupun kinerja perangkat HP yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Tingginya kecerahan layar dan banyaknya aplikasi yang aktif di latar belakang bisa menyebabkan kinerja HP menjadi lemot dan cepat panas.

Oleh karena itu, kamu bisa menurunkan tingkat kecerahan layar HP terlebih dahulu untuk menurunkan penggunaan daya HP.

Terlebih lagi banyaknya aplikasi yang masih aktif atau berjalan di latar belakang dapat memberikan beban kinerja bagi perangkat HP.

Kategori :