5 Cara agar Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi

Selasa 06-08-2024,07:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Kalian khawatir jika pinjol sebar data? ada beberapa cara agar pinjol tidak sebar data pribadi kalian. Sebelumnya, perlu diketahui apa sih pinjol itu?

Pinjaman online atau biasa disebut pinjol merupakan penyedia jasa keuangan melalui platform yang mempermudah masyarakat untuk mengakses pinjaman dengan cepat, tanpa persyaratan yang memberatkan. Namun jika data kita bocor? ada cara agar pinjol tidak sebar data pribadi. 

Salah satu langkah agar pinjol tidak sebar data pribadi adalah dengan berhati-hati memilih aplikasi pinjaman online. Pinjol dengan suku bunga dan biaya tinggi serta sistem denda keterlambatan. Akibatnya, peminjam harus menanggung risiko apabila tidak bisa melunasi pinjaman sesuai tanggal jatuh tempo.

Resiko peminjam yang harus dihadapi cukup beragam, mulai dari ancaman dan teror hingga penyebaran informasi pribadi peminjam, baik melalui media sosial maupun kontak HP. Agar terhindar dari itu semua, yuk simak ulasan cara agar pinjol tidak sebar data pribadi dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Solusi Tidak Bisa Bayar Pinjol Legal yang Paling Efektif

Berikut ini 5 cara agar pinjol tidak sebar data pribadi :

1. Ajukan pinjol yang terdaftar di OJK

Pinjaman online terpercaya akan terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Pinjol resmi memiliki legalitas resmi dan mekanisme peminjaman dan penagihan yang jelas.

Data yang bisa diakses pinjol legal juga tidak sebanyak pinjol ilegal, hanya terbatas pada kamera, mikrofon, dan lokasi.

Alhasil, peluang datamu diretas oleh pinjol resmi juga sangat kecil.  Bunga dan biaya pinjaman yang diterapkan pinjol resmi juga sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

2. Buat kesepakatan

Untuk menghindari penyebaran data oleh pihak pinjol, kamu bisa membuat kesepakatan dengan pihak pinjol mengenai cara penagihan yang boleh maupun tidak boleh dilakukan .

Jika sudah disepakati, kamu dan pihak pinjol harus membuat surat perjanjian supaya tidak terjadi masalah di masa mendatang.

BACA JUGA:Pasti Acc! Ini Dia 10 Pinjol Data Busuk Langsung Cair ke DANA

3. Tolak akses kontak

Kategori :