4 Tips agar Pengajuan Pinjol Cepat Disetujui

Senin 05-08-2024,19:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tips agar pengajuan pinjol cepat disetujui dapat kalian lakukan dengan mudah dan dijamin anti tolak. Namun sebelum ajukan pinjaman sebaiknya cek legalitas terlebih dahulu apakah sudah resmi di OJK atau belum. 

Layanan pinjaman online saat ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan mendesak. Bagi kalian yang kesulitan mengajukan pinjaman online, sebaiknya ketahui tips agar pengajuan pinjol cepat disetujui. 

Tidak semua layanan pinjaman online bisa mencairkan pinjaman dengan cepat. Tetapi dengan tips agar pengajuan pinjol cepat disetujui menjadi solusi bagi kalian yang sedang membutuhkan dana darurat. 

Dibawah ini ada beberapa tips agar pengajuan pinjol cepat disetujui yang bisa kalian lakukan dengan mudah untuk mendapatkan pinjaman sesuai kebutuhan. 

BACA JUGA:5 Tips Pengajuan Pinjol Agar Cepat Disetujui dan Langsung Cair

Tips Agar Pengajuan Pinjol Cepat Disetujui

1. Kalkulasikan Kebutuhan dengan Bijak

Sebelum mulai mengajukan pinjol, tips agar pengajuan pinjol cepat disetujui yaitu lebih bijak dalam melakukan perhitungan untuk nominal yang dibutuhkan. Pastikan kalian sudah melakukan simulasi terkait kemampuan pembayaran tagihan pinjaman setiap bulannya.

Selain itu, penting bagi kalian untuk menginformasikan memiliki tujuan yang jelas dalam hal penggunaan pinjaman yang diberikan oleh pihak Bank. Pinjaman yang diberikan oleh pihak bank biasanya mencakup kebutuhan kesehatan, pendidikan, serta pemenuhan keperluan sehari-hari.

Nantinya, pihak Bank akan melakukan analisis berdasarkan pendapatan kalian setiap bulannya. Jika dirasa pendapatan yang kalian miliki terlalu dekat dengan nominal tagihan pinjol yang harus dibayarkan setiap bulannya, bisa saja pihak Bank membatalkan pengajuan tersebut atas dasar mengurangi risiko terjadinya galbay. 

2. Pentingnya Mengajukan Pinjol Secara Resmi

Dengan persyaratan yang terlampau sederhana ini, ternyata tidak jarang ada pihak yang mencoba untuk menyalahgunakan informasi dan akses data yang telah diberikan dalam proses pengajuan. Bahkan ada juga beberapa kasus penipuan yang terjadi.

OJK mencoba untuk mengantisipasi aktivitas ilegal lainnya dengan menerbitkan Peraturan OJK (POJK) No.77/POJK.01/2016 yang berisi tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI). Dalam hal ini OJK mengharuskan pihak fintech mendaftarkan perusahaannya untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan data dan informasi yang dapat berujung pada tindak kriminal seperti penjualan data pribadi serta keluarga dan kerabat yang jadi korban ancaman. 

BACA JUGA:Begini Cara Mengajukan Pinjol Agar Cepat Disetujui dan Anti Penolakan

OJK juga sempat menginformasikan beberapa tips agar terhindar dari jeratan pinjol ilegal.

  • Selalu periksa persyaratan dan ketentuan dengan jelas. Jika dirasa ada hal yang meragukan, alangkah baiknya untuk membatalkan proses pengajuan online.
  • Lakukan riset terkait riwayat operasional pihak fintech lending. Apakah memiliki rekam jejak digital yang bermasalah atau tidak.
  • Kalian bisa cek terlebih dahulu apakah lembaga pinjol yang hendak kalian hubungi terdaftar dalam situs resmi OJK.
  • Jangan mudah tergiur dengan nominal jumlah pinjaman yang besar. Selalu sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan finansial kalian.
Kategori :