6 Tips Mengatasi Kamera Hp yang Buram

Sabtu 03-08-2024,19:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Penyebab kamera HP buram salah satunya adalah lensa kamera kotor, maka langkah tepat untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan lensa kamera.

Kotoran yang menempel tanpa disadari dapat mengganggu kualitas gambar dan membuatnya menjadi blur.

Kotoran ini dapat meliputi minyak akibat layar HP yang bersentuhan dengan kulit pengguna, debu akibat penyimpanan HP yang tidak sesuai dan masih banyak lagi. 

Usahakan untuk membersihkan kamera HP setidaknya sehari sekali agar terhindar dari benda-benda yang menghalangi kamera dan menyebabkan kerusakan jangka panjang.

3. Keringkan HP Menggunakan Hair Dryer

Cara selanjutnya untuk mengatasi kamera HP yang buram adalah mengeringkan HP yang berembun menggunakan hair dryer.

Benda untuk mengeringkan rambut ini efektif untuk menghilangkan embun yang mengendap pada lensa kamera karena memiliki angin yang hangat.

Embun ini dapat hilang dengan sendirinya, tetapi pada beberapa kasus tidak demikian sehingga perlu dikeringkan secara manual.

Kamera yang berembun jika dibiarkan berlama-lama akan meninggalkan bekas pada lensa dan membuat kamera semakin buram, bahkan dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang.

BACA JUGA:5 Daftar HP Kamera Terbaik, Andalan Content Creator Hasil Editing Video Makin Cakep

4. Ganti Lensa Kamera HP

Jika kamera buram karena adanya kerusakan, misalnya lensa yang pecah, kamu tidak perlu khawatir karena lensa tersebut masih bisa diperbaiki dengan menggantinya dengan lensa yang baru.  Mengganti lensa kamera dapat dilakukan sendiri di rumah, dengan membeli komponennya secara online.

Namun, jika tidak ahli di bidang elektronik, lebih baik untuk mengganti lensa tersebut ke tempat reparasi HP agar menghindari kerusakan yang lebih parah. Harga lensa ini tentu bervariasi tergantung HP yang kamu gunakan.

5. Selalu Membawa Kain Microfiber

Jika membersihkan kamera HP buram dirasa terlalu rumit untuk kamu yang membutuhkan kamera jernih dengan instan saat bepergian, maka kamu bisa menggunakan kain microfiber untuk membersihkan kamera.

Kain microfiber dapat dengan mudah dibawa kemanapun kamu pergi karena ukurannya yang pas di kantong. Serat kain microfiber yang sifatnya halus sangat aman untuk dipakai tanpa takut merusak kamera.

Kategori :