Pasukan Pengibar Bendera Kabupaten Pemalang Jalani Pemusatan Latihan

Jumat 02-08-2024,09:00 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang tengah melakukan persiapan jelang upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya melaksanakan pemusatan pelatihan dan pembinaan khusus untuk Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) selama satu bulan. 

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pemalang Bagus Sutopo melalui Plt Kepala Bidang (Kabid) Kesatuan Bangsa (Kesbang) Bambang menuturkan, pihaknya tengah fokus melatih 17 pelajar putra dan putri. Yang akan bertugas sebagai Paskibra di dalam upacara yang akan digelar  di alun-alun. 

BACA JUGA:Adakan Rakor Penanggulangan Kemiskinan di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal

"Pemusatan pelatihan dan pembinaan ini dilaksanakan mulai pertengahan Juli kemarin hingga menuju hari pelaksanaan pada 17 Agustus 2024," jelasnya 

Seperti biasa, pihaknya dibantu oleh para alumni Paskibra Kabupaten Pemalang serta Kodim 0711/Pemalang dan Polres Pemalang. Tim pelatih ini akan menggembleng semua pelajar agar siap secara fisik, mental dan sikap untuk menjadi Paskibra.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Adakan Optimalisasi Relawan dalam Penanggulangan Bencana

Sebanyak 75 pelajar putra-putri yang telah terseleksi berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Pemalang. Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan mes khusus untuk para Paskibra yang tempat tinggalnya jauh dari pusat kota. Mes tersebut ditempatkan di Kantor Satpol PP Kabupaten Pemalang atau bekas gedung DPRD. 

“Total ada 17 anak yang kita berikan mes selama pelatihan dan pembinaan," bebernya.

BACA JUGA:Partisipasi Masyarakat Kota Tegal dalam Pilkada Diharapkan Meningkat

Nantinya, mereka akan bertugas pada pelaksanaan pengibaran bendera dan penurunan pada 17 Agustus 2024 nanti di Alun-alun. Selain materi Peraturan Baris-berbaris (PBB) para pelatih juga memberikan pembinaan tentang ideologi pancasila, pengetahuan kebangsaan dan sejarah Indonesia.

Kategori :