RSIA Kota Tegal Beri Edukasi Bahaya Hepatitis

Selasa 30-07-2024,09:00 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, TEGAL - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kota Tegal memberikan edukasi kepada Ibu Hamil tentang bahaya hepatitis untuk mendorong kesadaran masyarakat akan penyakit tersebut, seminar dilaksanakan di Aula RSIA Kota Tegal. Edukasi tersebut sekaligus memperingati Hari Hepatitis Se Dunia yang diperingati setiap 28 Juli. Dengan adanya edukasi itu diharapkan akan dapat mengurangi angka hepatitis, terutama di wilayah Kota Tegal.

"Kegiatan ini, sekaligus memperingati Hari Hepatitis Se Dunia yang jatuh setiap 28 Juli," kata Direktur RSIA Kota Tegal dr Siti Rochmah.

BACA JUGA:Mahasiswa IBN Tegal akan Terima Beasiswa

Adanya edukasi tersebut, untuk mengurangi angka kasus hepatitis. Kemudian menambah wawasan agar masyarakat dapat mencegah dan menekankan kasus hepatitis yang disebabkan virus atau bakteri. Hepatitis dapat diketahui dari gejala lemas, mual dan kencing merah seperti teh.

"Penyakit Hepatitis ada lima, yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E dan bisa menyerang ibu hamil, anak dan siapa pun," ungkapnya.

BACA JUGA:Siswa SMK Negeri 3 Kota Tegal Dilatih Wawasan Kebangsaan

Untuk mencegah itu terjadi, masyarakat dengan sasaran ibu hamil diberi pemahaman cara mencegah hepatitis dengan imunisasi. Sedangkan untuk dokter serta bidan agar mereka bisa menangani hepatitis. Karena kasusnya sudah meningkat semakin tinggi.

"Kami berharap dengan edukasi ini, kasusnya akan dapat menurun dan masyarakat tahu cara mencegah stunting," pungkasnya.

Kategori :