10 Cara Menghindari Penipuan di Shopee, Salah Satunya Periksa Ulasan

Minggu 28-07-2024,21:33 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Cara menghindari penipuan di shopee. Kini banyak sekali aplikasi jula beli online yang dapat diunduh di smartphone, salah satunya yaitu shopee. Namun karena menawarkan kemudahan menjadikan banyak oknum melakukan kejahatan.

Ada beberapa cara menghindari penipuan di shopee yang dapat anda lakukan, dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini maka anda akan terhindar dari berbagai kerugian.

Pasalnya oknum yang tidak bertanggung jawab ini akan melakukan berbagai cara untuk menipu korbannya, oleh sebab itu anda perlu mengetahui cara menghindari penipuan di shopee.

Berikut ini akan kami beritahu berbagaia cara menghindari penipuan di shopee yang dapat anda lakukan sebelum menggunakan platform ini, simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:Alami Kerugian? Begini Cara Melaporkan Penipuan Online dengan Tepat

 

1. Verifikasi Akun Penjual

Periksa Ulasan: Menghindari penipuan di shopee bisa dengan meluangkan waktu untuk membaca ulasan dari pembeli sebelumnya. Perhatikan detail seperti kualitas produk, kecepatan pengiriman, serta respons penjual terhadap keluhan.

Cek Tingkat Kepercayaan: Shopee memiliki sistem penilaian untuk setiap penjual. Semakin tinggi tingkat kepercayaannya, semakin kecil kemungkinan Anda menjadi korban penipuan.

Waspadai Akun Baru: Akun penjual baru dengan sedikit atau tanpa ulasan cenderung lebih berisiko.

2. Hati-hati dengan Harga yang Terlalu Murah

Produk Original dengan Harga Murah: Jika suatu produk bermerek dijual dengan harga jauh di bawah pasaran, sebaiknya curigai keaslian produk tersebut.

Bandingkan Harga: Sebelum membeli, bandingkan harga produk yang sama di beberapa toko online lainnya.

3. Hindari Transaksi di Luar Platform 

Metode Pembayaran: Selalu lakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang disediakan oleh Shopee. Hindari transfer langsung ke rekening pribadi penjual.

Kategori :