7 Spesifikasi HMD Skyline dengan Tambahan Fitur AI

Minggu 28-07-2024,14:00 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG - HMD Global, perusahaan pemegang lisensi merek Nokia, mengambil langkah berani dengan meluncurkan HP terbarunya tanpa menggunakan nama "Nokia". Seperti apa spesifikasi HP HMD Skyline ini?

Pada Kamis, 18 Juli 2024, HMD Global memperkenalkan HMD Skyline, sebuah perangkat yang menggabungkan desain nostalgik dengan teknologi modern. Untuk spesifikasi HP HMD Skyline ini layarnya menggunakan OLED dan berukuran 6,5 inci.

Lalu untuk desain, spesifikasi HP HMD Skyline ini mengadopsi desain yang mirip dengan ponsel legendaris Nokia N9 yang dirilis pada September 2011. Kesamaan terlihat pada bodi dan tepian yang berbentuk persegi.

Namun, spesifikasi HP HMD Skyline memiliki beberapa perbedaan signifikan, seperti penempatan modul kamera di bagian atas punggung dan logo "HMD" di bagian tengah. Simak apa saja keunggulan dari HP HMD Skyline   di bawah ini.

BACA JUGA:7 Spesifikasi Itel A50 yang Memiliki Desain Kamera Boba

Spesifikasi HP HMD Skyline

1. Mudah Diperbaiki

Salah satu keunggulan utama dari spesifikasi HP HMD Skyline adalah kemudahannya dalam perbaikan. Perangkat ini mengusung konsep perbaikan kategori Gen 2, yang merupakan peningkatan dari lini HMD Pulse yang dirilis April lalu dengan perbaikan kategori Gen 1.

HMD Global mengklaim bahwa perbaikan komponen seperti layar retak atau baterai rusak hanya membutuhkan waktu 10 menit.

2. Desain yang Mendukung Perbaikan Mandiri

Bagian punggung HMD Skyline dirancang agar mudah dibongkar hanya dengan membuka satu sekrup. Hal ini memungkinkan pengguna atau teknisi untuk dengan cepat memperbaiki berbagai komponen, termasuk layar, port pengisian daya, dan baterai. HMD Global juga berkolaborasi dengan iFixit untuk menyediakan alat perbaikan yang dijual terpisah.

3. Layar Berkualitas Tinggi

HMD Skyline mengusung layar OLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel). Layar ini mendukung refresh rate tinggi 144 Hz, tingkat kecerahan maksimum 1.000 nits, dan teknologi HDR 10. Untuk perlindungan, layar dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3.

BACA JUGA:Meski Memiliki Harga yang Sama, Inilah 9 Perbedaan Redmi 13 dan Realme C63

4. Sistem Kamera Canggih

Kamera selfie HMD Skyline memiliki resolusi 50 MP dan dilengkapi fitur Autofocus serta fokus pelacakan mata pengguna. Konfigurasi kamera belakang terdiri dari kamera utama 108 MP dengan PDAF dan OIS, kamera telefoto 50 MP dengan kemampuan zoom hingga 4x, serta kamera ultra wide 13 MP.

Sistem kamera ini didukung teknologi AI Capture Fusion untuk memaksimalkan detail gambar saat melakukan zoom.

5. Performa yang Mumpuni

Di bawah hood, HMD Skyline ditenagai oleh chipset Snapdragon 7s Gen 2 buatan Qualcomm. SoC berfabrikasi 4 nm ini memiliki delapan inti, terdiri dari empat inti Cortex-A78 (2,40 GHz) dan empat inti Cortex-A55 (1,95 GHz). Untuk pengolahan grafis, perangkat ini mengandalkan GPU Adreno 710.

6. Fokus pada Keberlanjutan

Dengan kemudahan perbaikan yang ditawarkan, HMD Skyline mencerminkan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan. Pendekatan ini tidak hanya menguntungkan konsumen dari segi biaya dan waktu, tetapi juga berkontribusi pada pengurangan limbah elektronik.

BACA JUGA:13 Spesifikasi Redmi 13 di Indonesia, Harga Rp1 Jutaan

7. Posisi di Pasar HP

HMD Skyline memposisikan diri sebagai perangkat mid-range yang menawarkan keseimbangan antara performa, fitur, dan kemudahan perawatan. Strategi ini dapat menarik konsumen yang menginginkan HP berkualitas dengan masa pakai yang lebih panjang.

Prospek dan Tantangan

Peluncuran HMD Skyline menandai arah baru bagi HMD Global. Tantangan utama akan menjadi membangun identitas merek yang kuat tanpa mengandalkan nama Nokia. Namun, inovasi dalam kemudahan perbaikan dapat menjadi faktor pembeda yang signifikan di pasar yang semakin jenuh.

HMD Skyline mewakili langkah berani HMD Global dalam mengembangkan identitas mereknya sendiri. Dengan menggabungkan desain nostalgik, teknologi modern, dan fokus pada keberlanjutan melalui kemudahan perbaikan, spesifikasi HP HMD Skyline menawarkan proposisi unik di pasar HP (*)

Kategori :