Bagaimana Cara Mudah Bebas dari Lilitan Utang Pinjol? Simak 4 Langkah Efektif Ini

Jumat 26-07-2024,19:11 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Cara bebas dari lilitan utang pinjol berikutnya yaitu dengan membatasi penggunaan pinjaman untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak dan penting. Hindari godaan untuk meminjam uang hanya untuk gaya hidup atau keinginan yang tidak perlu.

Pinjaman online sebaiknya hanya digunakan dalam situasi-situasi darurat atau ketika kalian memerlukan dana tambahan untuk kebutuhan yang benar-benar penting seperti perawatan kesehatan mendesak atau perbaikan rumah yang tidak bisa ditunda.

BACA JUGA:4 Tips Mengatasi Lilitan Utang Pinjol agar Bebas Teror DC Lapangan

4. Dahulukan Menjual Aset Saat Terdesak

Salah satu langkah bijak yang bisa diambil untuk menghindari lilitan pinjol berikutnya yaitu dengan pertimbangan serius untuk menjual aset-aset yang dimiliki terlebih dahulu. Ini berarti, sebelum kalian memutuskan untuk mengambil pinjaman online, pertimbangkan untuk menjual barang-barang yang kalian miliki dan tidak lagi kalian butuhkan.

Misalnya, barang-barang elektronik atau pakaian yang sudah tidak terpakai atau kendaraan yang jarang digunakan. Dengan menjual aset-aset tersebut, kalian bisa mengumpulkan dana yang mungkin mencukupi untuk memenuhi kebutuhan mendesak atau keperluan yang kalian hadapi tanpa harus terjerat dalam utang pinjol yang mungkin memiliki bunga tinggi.

Itulah beberapa informasi seputar cara bebas dari lilitan utang pinjol yang dapat kalian coba dan terapkan untuk meringankan beban kalian. Semoga bermanfaat. (*) 

Kategori :