3 Cara Efektif Membersihkan Nama di SLIK OJK

Jumat 26-07-2024,14:45 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Apabila debitur masih punya tanggungan yang belum dibayar, maka cara membersihkan nama di SLIK OJK yaitu dengan melunasi tunggakan kredit tersebut.

Debitur juga bisa mengecek jumlah tunggakan yang belum terbayar dan berapa bulan keterlambatannya. Ingat, semakin lama cicilan tidak dibayar maka denda yang dikenakan makin besar.

Namun dalam sejumlah kasus, terdapat seseorang yang tidak pernah mengajukan cicilan tetapi namanya tercantum sebagai peminjam. Hal itu kemungkinan terjadi karena kesalahan dalam pemberian kredit.

Jika terjadi demikian, maka nasabah yang namanya terdaftar sebagai peminjam perlu melaporkan masalah tersebut kepada pihak pemberi kredit (kreditur) untuk dimintai konfirmasi dan penjelasan.

Apa Itu SLIK OJK?

Dilansir laman resminya, SLIK OJK berfungsi sebagai sistem yang mendukung pengawasan dan penyediaan informasi di bidang keuangan dalam rangka meningkatkan disiplin industri finansial. Sebelum bernama SLIK OJK awalnya disebut dengan BI Checking.

BACA JUGA:Cara Membersihkan BI checking atau SLIK OJK Agar Skor Kredit Membaik

SLIK merupakan singkatan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan. Sistem ini dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), makanya disebut sebagai SLIK OJK.

Layanan ini bisa dimanfaatkan untuk memperlancar proses penyediaan dana, penerapan manajemen risiko kredit atau pembiayaan, penilaian kualitas debitur, sampai verifikasi untuk kerja sama pelapor SLIK dengan pihak ketiga.

SLIK OJK juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan BI Checking, sehingga nasabah bisa mengecek baik atau buruknya riwayat kredit mereka sendiri.

Demikian beberapa informasi mengenai cara membersihkan nama di SLIK OJK beserta panduan mengenai SLIK OJK yang harus kalian ketahui, dan bisa dimanfaatkan untuk mempermudah mengajukan pinjaman kembali. Semoga bermanfaat. (*) 

Kategori :