DSLR Kalah Kualitas, 5 Cara Mengoptimalkan Kamera HP Ini Bisa Hasilkan Foto Jernih dan Tajam

Kamis 25-07-2024,06:52 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Perkembangan kamera Smartphone terus mengalami peningkatan. Sejumlah produsen mulai memperhatikan sektor kamera dengan mengopimalkan resolusi kamera HP agar hasil jernih dan tajam.

Banyak fitur kamera HP terbaru  dengan hasil foto jernih dan tajam saat ini yang membuat hasil foto semakin indah dilihat. Tidak banyak orang mengetahui cara mengoptimalkan kamera di ponsel.

Hal ini dilakukan agar setiap pengguna bisa menghasilkan foto maupun video terbaik dengan mudah. Walaupun spesifikasi kamera Smartphone sudah tinggi, bahkan dibekali fitur canggih, masih banyak pengguna yang belum bisa mengoptimalkan kamera HP agar hasil foto jernih dan tajam.

BACA JUGA: Eksplorasi Fitur Kamera Hp Nokia Terbaik Dan Performa Terunggul!

Ada sejumlah cara untuk mengoptimalkan kamera HP agar hasil foto jernih dan tajam serta menghasilkan foto maupun video berkualitas. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

5 cara mengoptimalkan kamera HP

1. Mendekati Lensa ke Objek 

Bagi kamera Smartphone yang memiliki resolusi rendah, fitur zoom menjadi salah satu kendala untuk menghasilkan gambar berkualitas karena saat digunakan justru menghasilkan gambar buram dan tidak cerah.

Permasalahan yang menjadi keterbatasan ini bisa dilakukan dengan cara manual yaitu mendekatkan lensa kamera Smartphone ke objek yang akan diambil.

BACA JUGA: 8 Cara Memilih Kamera Hp Terbaik dengan Tepat dan Benar

Dengan mendekatkan lensa kamera Smartphone ke objek, tentu gambar akan tampak lebih jelas karena resolusi tidak berkurang yang menghasilkan gambar lebih maksimal. Cara ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki kamera Smartphone beresolusi kecil.

2. Nyalakan Grid

Dikutip dari laman pcmag, kamera Pro SLR biasanya dilengkapi dengan framing grid untuk membantu penggunanya dalam memperhitungkan komposisi foto atau rule of thirds.

Dikutip dari laman foto.co.id, rule of thirds merupakan seperangkat petunjuk yang dimaksudkan untuk menolong setiap fotografer dalam menempatkan objek atau subjek berada dalam gambar yang sesuai dengan cara dan penampilannya. 

BACA JUGA: 3 Spesifikasi Kamera HP Samsung, Fitur AI yang Dapat Saingi iPhone

Kini, grid bisa diterapkan di kamera ponsel untuk memudahkan proses penentuan rule of thrids dan menghasilkan foto yang lebih bagus dan jernih. 

3. Gunakan Kontrol Manual 

Kebanyakan HP terbaru, ada fitur kontrol kamera manual. Di sini, kamu bisa mengatur semua yang dibutuhkan untuk menghasilkan foto jernih, yaitu dengan memanfaatkan keberadaan fitur white balance, aperture, efek bokeh, HDR, kecepatan shutter, ISO, eksposur, dan terakhir adalah dengan menggunakan format RAW untuk hasil foto. 

4. Gunakan Pengaturan HDR 

Dikutip dari laman expertphotography, HDR adalah singkatan dari high dynamic range. Dalam pengaturan kamera ponsel, kamu memiliki opsi untuk mengambil foto HDR. Dengan fitur ini foto akan lebih jernih dan tajam.

BACA JUGA: Mengenal Teknologi AI pada Kamera HP Samsung, Hasilkan Foto Lebih Sempurna

Fitur HDR sebenarnya tidak akan meningkatkan kualitas kamera secara teknis, tetapi meningkatkan kejelasan foto yang kamu ambil.

5. Gunakan Lensa Tambahan 

Cara ini bisa kamu lakukan apabila merasa kurang puas dengan resolusi lensa HP yang kamu miliki. Coba cari lensa tambahan yang berkualitas dan mumpuni untuk hasil foto yang lebih optimal. Selain lensa tambahan, kamu juga bisa menggunakan gimbal untuk rekaman video yang lebih stabil. 

Demikian ulasan beberapa cara mengoptimalkan kamera HP agar hasil foto jernih dan tajam. Buat kamu yang suka jepret foto di malam hari ulasan ini bisa menjadi pengetahuan untuk meningkatkan kualitas kameramu. 

Kategori :