Auto Lunas! Begini Cara Bebas dari Utang Pinjol yang Menumpuk

Minggu 21-07-2024,16:15 WIB
Reporter : Eki Nur Solikha
Editor : Laela Nurchayati

Jika kamu mengajukan pinjaman, pastikan kamu dapat membayarnya kembali dan ingat tanggal jatuh temponya. Begitu kamu terlambat, utang akan menjadi lebih besar, denda dan bunga meningkat, dan  total pembayaran berikutnya bisa jauh lebih tinggi daripada penghasilan kamu.

BACA JUGA:Cara Mudah Hapus Data KTP di Pinjol Ilegal

Cara Bebas dari Utang Pinjol

1. Frugal living

Akumulasi pengeluaran yang tidak perlu dan jangan belanjakan untuk hal-hal tersier yang tidak dibutuhkan.

2. Hindari gali lubang tutup lubang

Jangan mengajukan pinjaman lagi untuk melunasi utang sebelumnya. Mengajukan pinjaman baru untuk melunasi utang sebelumnya bukanlah solusi yang tepat. Hal ini justru hanya akan membuat utang kamu semakin menumpuk.

Ketahui kemampuan kamu untuk bayar pinjaman. Jangan menambah beban untuk ketenangan pikiran sesaat.

3. Jual barang yang tidak terpakai

Untuk terbebas dari jeratan pinjol, kamu dapat menjual barang-barang yang tidak terpakai di rumah untuk melunasi utang pinjol. Jika masih terdapat hutang, biarkan debt collector datang ke rumah atau kamu bisa pergi sementara waktu untuk menenangkan pikiran.

4. Cari pendapatan lain

Sambil menenangkan pikiran, kamu dapat mencari cara untuk bayar utang pinjol berikutnya. Misalnya dengan mencari sumber pendapatan lainnya. Jangan bergantung pada satu sumber pemasukan, jika pendapatan bulanan kamu tidak cukup untuk mengcover cicilan. 

Kamu perlu mengetahui dan menghitung jumlah cicilan, berapa biaya hidup dan pendapatan minimum kamu. Pentingnya mencari pendapatan lain untuk keluar dari situasi ini dengan cepat. 

Kamu dapat memulai usaha kecil-kecilan untuk menambah pendapatan, seperti catering makanan atau affiliate di aplikasi toko online.

BACA JUGA:6 Cara Hilangkan Sadapan Pinjol Ilegal agar Data Penting Tidak Bocor

Demikian informasi tentang cara bebas dari utang pinjol yang menumpuk. (*)

Kategori :