5 Cara Lunasi Utang Pinjol Paling Efektif

Sabtu 20-07-2024,15:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Dengan begitu, kalian bisa mempertimbangkan peluang pelunasan. Kalian bisa meninjau jumlah cicilan yang dibandingkan dengan pengeluaran harian serta penghasilan.

4. Menjual Aset 

Cara ini bisa dilakukan apabila tidak ada pilihan lain. Jual aset dengan nilai setara atau lebih besar dan segera dilunasi. Misalnya tanah, bangunan, kendaraan, logam mulia, dan lain-lain.

5. Tidak Kredit di Tempat Lain 

Cara lain yaitu dengan tidak mengajukan pinjaman ke pihak lain. Tujuannya supaya kalian tidak pusing dengan cicilan yang bisa mengurangi pengeluaran sehari-hari. 

Termasuk pinjol atau pun konvensional, hindari ‘gali lubang tutup lubang.’ Pasalnya rekam jejak galbay bisa berimbas ke kalian yang bisa masuk ke daftar hitam pengajuan pinjaman berikutnya.

Risiko Tidak Bayar Hutang Pinjol 

Selain cara di atas, ternyata tidak membayar utang pinjol juga memiliki risiko tertentu. Adapun beberapa risiko tersebut di antaranya:

BACA JUGA:Bagaimana Cara Melunasi Hutang Riba dengan Halal? Lakukan 5 Langkah Ini Dijamin Berhasil

1. Bunga Semakin Bertambah 

Bunga pinjaman merupakan bentuk balas jasa yang ditetapkan pinjol dan wajib dibayarkan oleh peminjam. Selain membayar tagihan wajib, nominal tersebut juga terakumulasi dengan bunga. Apabila kalian menunda atau tidak membayar tagihan, tentu saja bunga akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Untuk mengatasinya, kalian dapat mengajukan perpanjangan tenor untuk meringankan bunga.

2. Blacklist SLIK OJK 

Perlu diingat bahwa risiko ini akan berlaku untuk kalian yang meminjam uang dari pinjol ilegal yaitu lembaga keuangan yang tidak mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini mengacu pada dokumen pribadi yang diunggah ketika mengajukan pinjaman. Misalnya dokumen tersebut adalah KTP, Kartu Keluarga, NPWP, akun internet banking, hingga slip gaji. Tak heran ketika OJK bisa memasukkan kalian ke daftar hitam apabila sewaktu-waktu ingin mengajukan pinjaman kembali. Maka dari itu, penting untuk menjaga skor kredit dengan membayar tagihan tepat waktu.

Itulah beberapa informasi seputar tips melunasi hutang pinjol beserta risikonya jika tidak bayar hutang pinjol yang perlu kalian pahami dan perhatikan. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :