Begini 4 Cara Ampuh Hapus Data di Aplikasi Pinjaman Online, Dijamin Hilang Permanen

Kamis 18-07-2024,21:56 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Dengan menghapus data di pinjaman online, segala informasi pribadi yang terkait dengan aplikasi pinjol, seperti KTP dan foto, bisa dihapuskan. Karena itu, jika kalian sudah selesai menggunakannya perlu ketahui cara hapus data di aplikasi pinjol.

Meskipun memberikan kemudahan dalam meminjam uang, penggunaan aplikasi pinjaman online juga menimbulkan kekhawatiran terkait privasi dan keamanan data. Seperti yang kita ketahui, saat ini pinjol menjadi salah satu solusi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu, perlu kalian waspada terhadap data diri kalian agar tidak bocor dengan mengetahui cara hapus data di aplikasi pinjol.

Cara hapus data di aplikasi pinjol merupakan satu-satunya jalan keluar yang paling sesuai untuk melepaskan diri dari belenggu pinjol. Tindakan ini bisa diambil setelah kalian tidak lagi memerlukan layanan tersebut.

Ada banyak cara hapus data di aplikasi pinjol, cara ini bisa bermanfaat untuk mengantisipasi penyalahgunaan data. Sebab dalam beberapa kasus ada orang yang tidak pernah lagi mengajukan pinjaman, namun tiba-tiba diteror oleh debt collector (DC). Karena itu, yuk simak beberapa langkah ini untuk menghindari penyebaran dan penyalahgunaan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

BACA JUGA:Amankan Data Diri Anda, Ini 4 Tips Hapus Data di Aplikasi Pinjol agar Tidak Disalahgunakan

 

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kalian coba dan lakukan untuk menghindari berbagai tindakan yang tidak wajar serta teror dan ancaman yang telah mengganggu, sebagai berikut: 

1. Menghubungi Layanan Pelanggan Pinjaman Online

Jika kalian mengalami kesulitan dalam menghapus data secara mandiri, coba hubungi pusat panggilan atau layanan pelanggan penyedia pinjaman online.

Kalian bisa mengajukan permintaan untuk menghapus akun dan data pribadi kalian dari sistem mereka. Biasanya, pihak pinjaman online akan memberikan petunjuk lebih lanjut atau prosedur yang perlu diikuti agar data bisa dihapus dengan efektif.

BACA JUGA:4 Cara Ampuh Hapus Data Diri di Pinjaman Online, Dijamin Hilang Permanen

2. Menghapus Akun Pinjaman Online

Cara hapus data di aplikasi pinjol berikutnya yaitu dengan menghapus akun pinjaman online secara keseluruhan. Setiap aplikasi memiliki prosedur yang berbeda-beda. Namun, umumnya, langkah-langkah untuk menghapus akun pinjaman online adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi pinjol dan masuk ke dalam akun yang telah dibuat.
  • Cari menu "Pengaturan Akun" atau "Settings" di dalam menu utama aplikasi.
  • Di dalam menu pengaturan, cari opsi "Hapus Akun" atau "Delete Account".
  • Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menyelesaikan proses penghapusan akun.
  • Biasanya, aplikasi akan meminta konfirmasi tambahan sebelum menghapus akun.
  • Pastikan untuk membaca informasi yang diberikan dengan cermat sebelum mengkonfirmasi penghapusan akun.

3. Menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Cara hapus data di aplikasi pinjol selanjutnya yaitu dengan menghubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalian bisa mengajukan permohonan penghapusan data pribadi kalian dari pinjaman online kepada OJK dengan menghubungi melalui menu Pengaduan atau mengakses situs resmi regulator pengawas industri keuangan ini di www.ojk.co.id.

Kategori :