4 Tips agar Lolos BI Checking saat Melamar Kerja

Rabu 17-07-2024,12:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Tips agar lolos BI checking saat melamar kerja bisa kalian lakukan dengan mudah. Dengan mengikuti beberapa langkah yang telah ditentukan, pastikan BI checking tersebut lolos untuk pengajuan pinjaman disegala penyedia. 

BI Checking merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendapatkan informasi riwayat kredit dari debitur. Bagi para joobseeker, mengetahui proses BI Checking oleh perekrut memang cukup penting sebab saat ini telah menjadi salah satu persyaratan umum saat melamar kerja, serta menjadi langkah utama dalam proses verifikasi identitas kalian sebagai jobseeker. Maka dari itu, perlu ketahui tips agar lolos BI checking saat melamar kerja. 

Tak hanya itu saja, proses BI Checking juga bisa mempengaruhi peluang kerja dan menjadi referensi bagi para perekrut dengan tanggung jawab keuangan yang dimiliki oleh pelamar. Dengan mengetahui pentingnya BI Checking, sebagai jobseeker kalian bisa mengambil langkah-langkah tersebut untuk mempertahankan atau memperbaiki skor kredit yang baik. Karena itu, tips agar lolos BI checking saat melamar kerja menjadi solusi tepatnya. 

Lantas, apa saja tips agar lolos BI Checking saat melamar kerja? dengan mengikuti proses perekrutan kerja kalian bisa simak beberapa langkah dibawah ini. 

BACA JUGA:Tips Lolos BI Checking untuk Persyaratan Pinjaman, Pastikan Pengajuanmu Langsung ACC

Tips agar Lolos BI Checking saat Melamar Kerja 

1. Pantau Skor Kredit Setelah Melunasi Utang

Setelah melunasi tunggakan utang, tetaplah pantau skor BI Checking. Periksa apakah skor kreditmu meningkat sesuai harapan setelah melakukan pelunasan. Jika ternyata skor kredit tidak berubah, kalian dapat mengajukan keluhan pada bank atau lembaga keuangan terkait yang memberikan pinjaman tersebut beserta bukti-bukti pembayaran tepat waktu.

Setelah itu, bank atau lembaga keuangan yang memberikan pinjaman akan melakukan evaluasi ulang terhadap laporan kredit yang kalian miliki. Tips ini cukup penting untuk diperhatikan supaya kalian mendapatkan manfaat optimal dari perbaikan skor kredit yang seharusnya meningkatkan setelah melunasi utang.

2. Periksa Skor BI Checking Sebelum Melamar Pekerjaan

BACA JUGA:9 Alternatif Pinjol Tanpa BI Checking Pasti Cair yang Legal dan Terdaftar di OJK

Tips agar lolos BI checking saat melamar kerja selanjutnya yaitu dengan memeriksa skor BI checking sebelum melamar pekerjaan. Proses BI Checking banyak dilakukan oleh tim perekrut pekerja di perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan keuangan calon pekerja sebelum dan sesudah lembaga keuangan memberikan pinjaman, fasilitas kredit atau layanan keuangan lainnya. Apalagi beberapa waktu belakangan ini banyak kasus pinjol yang cukup meresahkan sebab memerlukan nama perusahaan saat mengisi data pinjol. 

3. Hindari Menggunakan Banyak Platform Pinjol

Mengambil terlalu banyak pinjaman atau berurusan dengan banyak platform pinjol berpotensi memperburuk skor BI Checking juga, apalagi jika terdapat banyak tunggakan yang belum dilunasi. Peningkatan jumlah pinjaman juga menimbulkan risiko pembayaran yang tidak teratur atau bahkan terlewat. Hal ini hanya akan berdampak negatif pada skor kredit kalian.

Karena itu, alangkah lebih baik kalian mengelola pinjaman dengan bijak dan hanya mengambil jika benar-benar diperlukan. Prioritaskan pembayaran tepat waktu untuk menghindari beban utang yang berlebihan. Dan yang paling penting, kalian juga harus selektif dalam memilih bank atau lembaga keuangan terpercaya yang meminjamkan. 

Kategori :