Cara Aman Galbay Pinjol dengan Reset HP dan Ganti Nomor, Ampuh atau Tidak?

Minggu 14-07-2024,13:45 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Gagal bayar atau galbay merupakan hal yang seringkali dialami oleh debitur yang mengalami kesulitan bayar utang. Lantas apakah reset HP dan ganti nomor merupakan cara aman galbay pinjol yang efektif untuk hindari penagihan?

Seperti yang diketahui, saat debitur galbay maka akan mendapatkan penagihan DC entah itu melalui telepon atau kunjungan. Untuk menghindari penagihan tersebut tak jarang ada nasabah yang melakukan cara aman galbay pinjol dengan reset HP dan ganti nomor.

Cara aman galbay pinjol dengan reset HP dan ganti nomor seringkali dianggap aman oleh debitur yang mengalami kesulitan bayar. Untuk memastikan kebenarannya Anda bisa simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA:Begini Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data Pribadi, Blokir Nomor Gak cukup!

Lantas apakah cara aman galbay pinjol dengan reset HP dan ganti nomor? Berikut dua jawaban yang bisa membantu Anda untuk mengatasi galbay di pinjol legal dan ilegal dengan cara tersebut.

1. Galbay di Pinjol Ilegal

Cara aman galbay pinjol ilegal dengan reset HP dan ganti nomor bisa saja aman untuk hindari teror. Pasalnya dengan cara ini bisa menghindari panggilan debt collector yang menganggu setiap hari.

Namun, yang perlu diperhatikan yakni data Anda sudah ada di sistem mereka. Data tersebut bisa saja digunakan sebagai bentuk ancaman atau teror jika Anda tidak bisa dihubungi.

BACA JUGA:Kesulitan Lunasi Utang? Begini 5 Solusi Mengatasi Galbay Pinjol Supaya Bebas Lilitan Utang

2. Galbay di Pinjol Legal

Jika reset dan ganti nomor dilakukan di platfrom pinjol legal, bisa saja nama debitur dilaporkan ke SLIK OJK. Hal ini menyebabkan nama Anda menjadi buruk dan masuk ke daftar hitam BI checking.

Apabila nama sudah masuk ke daftar blacklist debitur bisa kesulitan mengajukan pinjaman di masa depan. Pasalnya platfrom pinjol legal sudah bekerjasama untuk melaporkan riwayat kredit debitur kepada SLIK OJK.

Selain riwayat kredit menjadi buruk, risiko merugikan lainnya yakni Anda tetap didatangi debt collector ke rumah. Pasalnya identitas pribadi Anda seperti KTP sudah ada di tangan pihak pinjol.

BACA JUGA:4 DC Pinjol yang Datang ke Rumah Jika Nasabah Galbay Beserta Waktu Kedatangannya

Solusi melunasi utang

Kategori :