Kesulitan Lunasi Utang? Begini 5 Solusi Mengatasi Galbay Pinjol Supaya Bebas Lilitan Utang

Sabtu 13-07-2024,21:00 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

Pastikan Anda memberikan alasan yang jelas dan jujur kepada saat melakukan negosiasi. Dengan cara ini bisa menghindari penumpukan utang dan Anda bisa fokus untuk melunasi semua tagihan.

3. Restrukturisasi Pinjaman

Solusi mengatasi galbay pinjol berikutnya, yakni restrukturisasi pinjaman. Anda bisa meminta restrukturisasi pinjaman apabila mengalami kesulitan bayar utang.

Dengan memanfaatkan restrukturisasi pinjaman di pinjol, debitur bisa mendapatkan keringanan untuk melunasi utang. Keringanan tersebut, yakni mengurangi bunga, perpanjang tenor cicilan pinjaman. dan lainnya.

Pastikan untuk membahas opsi ini dengan pihak pinjaman online tersebut. Dengan ini nasabah galbay tidak lagi kesulitan untuk melunasi utang.

4. Cari Bantuan

Mencari bantuan kepada kerabat dekat, keluarga, atau lainnya bisa jadi solusi untuk mengatasi galbay. Cara ini efektif dibandingkan Anda mengajukan pinjaman lagi di pinjol atau gali lubang tutup lubang.

5. Melaporkan ke Pihak Berwajib

Jika Anda merasa dirugikan oleh pihak pinjol, seperti dikenai bunga tidak wajar, penagihan kasar, dan lainnya segera laporkan. Debitur yang mengalami kerugian bisa laporkan ke OJK, Polisi, atau Kominfo.

Saat Anda ingin melaporkan penyedia pinjaman, sebaiknya sertakan bukti pendukung dari kerugian tersebut seperti penagihan kasar, teror, dan intimidasi. Bukti tersebut bisa berupa video, isi chat, rekaman suara, dan lainnya.

Itulah kelima cara yang bisa membantu Anda untuk mengatasi gagal bayar agar tidak menimbulkan penumpukan utang. Pastikan ikuti cara-cara di atas dengan baik dan benar agar Anda terhindar dari berbagai kerugian.

Demikian informasi tentang solusi mengatasi galbay pinjol supaya aman dari teror atau ancaman penagihan debt collector. Semoga bermanfaat. 

Kategori :