Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hp yang Cepat Panas

Rabu 10-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Keberadaan HP sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih, di era serba digital ini, HP semakin canggih dan bisa melakukan berbagai macam hal. Kadang kita kesal saat dioperasikan tiba - tiba HP cepat panas dan tidak tau penyebabnya. 

Kadang HP tiba-tiba cepat panas berisiko merusak perangkat. Jika terus dibiarkan, performa HP bisa menurun drastis dan baterai cepat terkuras. Sebagai pengguna, kita seharunya bisa memanfaatkan teknologi ini dengan baik dan juga bijak.

Jangan terlalu memaksakan penggunaan HP, karena hal tersebut justru dapat berdampak buruk bagi gadget kita. Meskipun begitu, terdapat sejumlah masalah yang sering ditemukan seperti HP cepat panas ketika kita sedang mengoperasikanya. Hambatan ini tentunya dapat menghambat aktivitas kita. 

Nah, disini kita akan membahas penyebab dan cara ampuh mengatasi HP yang cepat panas. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA: Deretan HP Realme Terbaik 2024, Hadir Dilengkapi Fitur NFC

Berikut ini 7 Penyebab HP yang Cepat Panas diantaranya :

1. Baterai yang Rusak

Wajar jika HP menjadi sedikit panas saat pengisian daya. Tetapi jika ponsel terlalu panas, itu bisa jadi disebabkan oleh baterai yang rusak.

2. Terlalu Lama Streaming Video dan Bermain Game

Streaming video dan b ermain game terlalu lama dapat membebani CPU dan GPU ponsel yang menyebabkan peningkatan suhu panas. Terlebih jika game yang menuntut grafis tinggi akan menguras baterai.

3. Pembaruan Software

Saat dan setelah memperbarui sistem perangkat lunaknya, ponsel rentan menjadi panas karena mungkin ada bug yang sedang diperbaiki. Setelah pembaruan software berlalu dan di-restart, HP biasanya akan mulai dingin.

4. Membuka Terlalu Banyak Aplikasi

Suhu ponsel dapat meningkat ketika beberapa aplikasi dibuka sekaligus. Ini karena aplikasi menjalankan proses latar belakang yang menguras CPU dan memori meski tidak digunakan secara aktif.

5. Aplikasi Boros Baterai

Saat menjalankan suatu aplikasi yang boros baterai dalam waktu lama, itu sudah cukup untuk membuat ponsel jadi cepat panas. Aplikasi yang menggunakan baterai intensitas tinggi, seperti yang mengandung elemen augmented reality (AR) atau aplikasi grafis berat.

6. Terkena Sinar Matahari Langsung

Meski hanya dalam waktu singkat, HP yang terkena sinar matahari langsung dapat membuatnya mudah panas. Apabila ponsel dibiarkan berada di bawah matahari dalam waktu lama, komponen internalnya bisa sampai rusak permanen.

7. Terpapar Virus

Jika HP terinfeksi virus akibat aplikasi palsu atau mengklik tautan aneh, CPU dan memorinya dapat dibajak sehingga menghambat kinerja ponsel serta suhu perangkat bisa meningkat.

BACA JUGA:6 Cara Mengatasi HP Samsung Cepat Panas

Berikut ini 5 cara ampuh mengatasi HP yang cepat panas :

1. Aktifkan Mode Pesawat

Tak sedikit orang yang membiarkan GPS, bluetooth, serta WiFi tetap on meski tidak dibutuhkan. Kamu bisa menonaktifkan jaringan-jaringan tersebut, atau juga dapat menyalakan mode pesawat saat tidak menggunakan HP.

2. Lepaskan Casing HP

Ketika ponsel tengah overheat, suhu panas akan terperangkap di casing. Jika kamu merasakan panas saat menyentuh casing HP yang terpasang, segera lepas dan suhu ponsel nantinya akan kembali ke normal.

3. Tutup Semua Aplikasi

Untuk mendinginkan HP yang panas bisa mulai dengan menutup seluruh aplikasi yang terbuka. Setelahnya, bisa istirahatkan ponsel sejenak dengan tidak membuka atau tak menggunakan aplikasi apapun.

4. Letakkan HP di Tempat yang Sejuk

Udara sejuk dapat mengurangi suhu ponsel yang panas. Jika kamu berada di sekitar kipas angin atau AC, letakkan atau pegang HP di dekatnya agar udara sejuk bantu mendinginkan suhu panasnya.

BACA JUGA:Fitur Canggih Huawei dengan Baterai hingga 6000 mAh

5. Hindari Paparan Sinar Matahari 

Sinar matahari yang mengenai ponsel bisa membuatnya panas dengan cepat. Karena itu, jauhkan dan hindari HP dari paparan matahari langsung. Dengan cara ini, suhu ponsel akan berkurang dan tidak semakin panas.

Demikian ulasan penyebab dan cara ampuh mengatasi HP cepat panas dengan mudah, bisa menjadi pengetahuan baru buat para pengguna yang mempunyai kendala diatas. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :