10 Tips Jitu Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Dijamin Aman

Sabtu 06-07-2024,13:45 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Bagi kalian yang terjerat dalam pinjol alias pinjaman online, berikut ada beberapa tips melunasi utang pinjol agar tidak galbay yang bisa kalian terapkan. Namun perlu digarisbawahi bahwa cara ini membutuhkan komitmen yang kuat. 

Tips melunasi utang pinjol agar tidak galbay mencakup pembayaran kembali dana pinjaman beserta bunga dan biaya lain yang mungkin terkait dengan pinjaman tersebut, yang merupakan langkah penting untuk menghindari akumulasi biaya tambahan atau risiko lain yang mungkin timbul akibat tunggakan pembayaran. 

Tips melunasi utang pinjol agar tidak galbay penting diketahui oleh kalian yang sempat melakukan pinjaman online. Sebab saat ini banyak masyarakat Indonesia yang gagal membayar pinjaman online tersebut. 

Lalu, bagaimana tips melunasi utang pinjol agar tidak galbay? Berikut ada beberapa solusi efektif yang bisa kalian coba dan terapkan untuk meringankan beban tagihan. 

BACA JUGA:Bagaimana Tips Melunasi Utang dengan Cepat? Lakukan 8 Solusi Ini agar Finansial Lebih Sehat

Berdasarkan data OJK (Otoritas Jasa Keuangan), nilai kredit macet pinjol secara nasional mencapai Rp1,53 triliun pada Agustus 2023. Dari segi usia, kredit macet pinjol kebanyakan dialami oleh mereka yang berusia 19-34 tahun. 

OJK menyediakan beberapa kontak yang bisa dihubungi jika terjadi kasus pinjol ilegal atau mencurigakan, yakni nomor telepon 157, WhatsApp 081157157157, dan email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id. 

Tips Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay 

1. Konsultasi dengan Layanan Pinjaman 

Tips melunasi utang pinjol agar tidak galbay yaitu kalian berhak berkonsultasi kondisi pribadi dengan layanan pinjaman, sehingga mereka mungkin menyediakan solusi terbaik agar utang pinjol segera terlunasi.

2. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang 

Kalian dianjurkan tidak melakukan pinjaman baru untuk melunasi utang pinjol lama. Hal ini hanya makin memperburuk situasi keuangan keseluruhan. Kebiasaan membuka pinjaman baru untuk membayar lainnya dikenal dengan istilah peribahasa gali lubang tutup lubang.

BACA JUGA:12 Cara Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat dan Aman

3. Hidup Hemat 

Kalian juga harus mengubah gaya hidup dari boros menjadi hemat. Hal ini dilakukan dengan mengurangi pengeluaran tidak perlu dan menyisihkan lebih banyak uang untuk melunasi utang pinjol tersebut.

Kategori :