Makanan Khas Kudus yang Paling Populer

Minggu 16-06-2024,13:45 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

BACA JUGA:Pijar Park Kudus: Salah Satu Tempat Wisata Kekinian yang Harus Kalian Kunjungi

6. Nasi jangkrik daun jati

Nasi jangkrik daun jati adalah salah satu makanan khas Kudus yang berisi nasi dengan lauk daging kambing atau kerbau.  Daging dimasak dengan bumbu tradisional seperti cabai merah, bawang putih, lengkuas dan santan. Kemudian dimasak selama empat jam atau lebih sampai empuk dan bumbunya meresap.

Nasi jangkrik juga dibungkus daun jati serta ditali mengggunakan anyaman jerami. Nama jangkrik hanya dipakai sebagai daya tarik karena terkesan unik. Itulah beberapa makanan khas Kudus Jawa Tengah yang bisa kamu cicipi jika kebetulan mampir ke daerah ini. 

7. Lentog tanjung 

Lentog tanjung adalah makanan khas Kudus yang terbuat dari potongan lontong, sayur gori, dan sayur lodeh tahu. Cara penyajiannya menggunakan alas daun pisang yang membuat makanan ini terasa lebih nikmat.   Selain itu, makanan ini juga ditaburi dengan rebusan cabai tanpa diiris kecil-kecil. Kuah hidangan ini memiliki rasa yang mirip dengan lontong Cap Go Meh. Walaupun sayur nangkanya manis, namun tidak seperti yang ada di gudeg. 

Demikian ulasan makanan khas Kudus yang paling populer yang bisa kamu cicipin jika berkunjung ke kota wali ini. Semoga bermanfaat.(*)

                

                    

                        

                    

Kategori :