Ini Dia Penyebab Pinjol Ditolak, Apa Saja?

Sabtu 08-06-2024,15:55 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

Kemampuan keuangan yang tidak memadai, seperti pendapatan yang rendah, cicilan utang yang tinggi, atau rasio utang terhadap pendapatan (debt-to-income ratio) yang tinggi, menunjukkan bahwa Anda mungkin tidak mampu melunasi pinjaman baru.

Sementara untuk penyebab pinjol ditolak dari faktor eksternal yaitu:

1. Kesalahan Sistem atau Proses Internal

Dalam beberapa kasus, penolakan pinjaman dapat disebabkan oleh kesalahan sistem atau proses internal pemberi pinjaman. Hal ini perlu dikonfirmasikan kepada pihak pemberi pinjaman untuk mendapatkan kejelasan.

2. Kebijakan Kredit Ketat

Setiap pemberi pinjaman memiliki kebijakan kreditnya masing-masing. Terkadang, kebijakan tersebut mungkin tidak sesuai dengan profil Anda, sehingga pengajuan Anda ditolak.

3. Kuota Kredit Terbatas

Pemberi pinjaman memiliki kuota kredit yang terbatas untuk setiap periode. Jika kuota tersebut telah terpenuhi, pengajuan Anda mungkin ditolak meskipun memenuhi persyaratan.

Setelah mengetahui berbagai penyebab pinjol ditolak, kini anda dapat melakukan cara supaya pinjaman tetapi disetujui. 

• Jelaskan Tujuan Pinjaman dengan Tepat

Jelaskan tujuan pinjaman Anda secara jelas dan sesuai dengan kebijakan pemberi pinjaman.

• Bandingkan Berbagai Penawaran Pinjaman

Lakukan riset dan bandingkan berbagai penawaran pinjaman dari beberapa pemberi pinjaman untuk menemukan pilihan terbaik dengan peluang persetujuan yang tinggi.

• Bangun Riwayat Pekerjaan yang Stabil

Jika memungkinkan, pertahankan pekerjaan Anda saat ini atau cari pekerjaan baru dengan prospek jangka panjang yang stabil.

• Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Kategori :