Jangan Salah Pilih Jika Tak Mau Rugi, Inilah 10 Tips Memilih Pinjol dengan Benar

Kamis 06-06-2024,20:27 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

6. Hindari Meminjam dari Banyak Aplikasi

Hindari meminjam dari beberapa aplikasi sekaligus untuk menghindari tumpukan utang yang sulit dibayarkan. Utamakan untuk menyelesaikan satu pinjaman terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman baru.

7. Pastikan Legalitas Aplikasi

Tips memilih pinjol yang sangat penting adalah memastikan legalitas pinjaman online. Periksa apakah platform tersebut terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda dapat mengeceknya di website resmi OJK (https://www.ojk.go.id/) atau melalui aplikasi OJK yang tersedia di ponsel.

8. Perhatikan Keamanan Data Pribadi

Pastikan platform yang Anda pilih mempunyai sistem keamanan yang memadai untuk melindungi data pribadi Anda. Hindari memberikan akses kepada data yang tidak relevan dengan proses pinjaman, seperti foto pribadi dan riwayat perbankan yang detail.

9. Pahami Kebutuhan dan Kemampuan Anda

Sebelum mengajukan pinjaman, penting untuk memahami kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Hitung berapa dana yang Anda perlukan dan buatlah simulasi angsuran dengan mempertimbangkan suku bunga dan biaya yang ditawarkan oleh aplikasi. Pastikan Anda mampu mencicil pinjaman tersebut tanpa memberatkan keuangan Anda.

10. Bandingkan Berbagai Platform Pinjaman

Luangkan waktu untuk membandingkan berbagai platform pinjaman online yang tersedia. Perhatikan suku bunga, biaya, waktu pengembalian pinjaman, serta fitur-fitur yang ditawarkan. Anda dapat membaca ulasan dari pengguna lain untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kredibilitas.

BACA JUGA:7 Tips Pinjol Bunga Rendah Terbaru 2024, Simak Caranya Dibawah

Pinjaman online adalah solusi keuangan, bukan untuk jalan keluar dari masalah keuangan. Gunakan platform pinjaman online dengan bijak serta bertanggung jawab.

Demikian ulasan mengenai tips memilih pinjol dengan tepat yang wajib anda lakukan ketika sudah memiliki niat untuk mengajukan pinjaman di suatu platform. (*)

Kategori :