Jangan Khawatir, Begini 10 Cara Mengatasi Data Pinjol Tersebar

Selasa 04-06-2024,20:16 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Pernahkan anda mendengar permasalahan debitur yang menggunakan pinjaman online mengalami informasi data yang tersebar? Jika iya, begini cara mengatasi data pinjol tersebar. 

Pinjaman online merupakan suatu aplikasi yang menawarkan dana pinjaman dengan limit yang bervariasi, namun jika anda salah memilih aplikasi pinjaman bisa saja informasi data anda akan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. oleh karena itu anda wajib mengetahui cara mengatasi data pinjol tersebar ini.

Cara mengatasi data pinjol tersebar dapat dilakukan ketika anda mengalami permasalahan tersebut, pasalnya tips ini sangat efektif jika dilakukan dengan tepat.

Nah dibawah ini akan kami beritahu cara mengatasi data pinjol tersebar yang dapat anda lakukan dengan tepat, yuk simak terus ulasannya berikut ini.

BACA JUGA:7 Tips Pinjol Bunga Rendah Terbaru 2024, Simak Caranya Dibawah

 

1. Blokir dan Mengganti Data Keuangan

Cara mengatasi data pinjol tersebar juga dapat mengganti data yang anda miliki, misal data yang disebarluaskan semacam nomor kartu kredit dan rekening bank.

Maka anda bisa langsung menghubungi pihak bank supaya dapat memblokir data yang anda miliki, hal ini untuk menghindari adanya penyalahgunaan data anda.

2. Menghapus dan Meminta Penghapusan Data

Tips selanjutnya yang dapat anda lakukan yang dengan menghubungi platform terkait untuk meminta penghapusan data yang tersebarluaskan, karena hal tersebut merupakan hak yang dimiliki oleh debitur.

3. Menyalakan Peringatan Penipuan

Anda juga dapat menyalakan fitur peringatan penipuan, hal ini dapat membantu anda jika terjadi adanya transaksi yang tidak anda lakukan.

4. Perbanyak Literasi Tentang Perlindungan Ekstra

Anda juga perlu memperbanyak literasi mengenai perlindungan data pribadi, hal ini sangat diperlukan untuk menjaga supaya data pribadi milik anda tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kategori :