SMP Negeri 1 Talang Kabupaten Tegal Gelar Festival Literasi dan Numerasi

Selasa 14-05-2024,09:00 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG, SLAWI -  Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Mahasiswa Kampus Mengajar 7 adakan Festival Literasi dan Numerasi di SMP Negeri 1 Talang. Kegiatan ini melibatkan seluruh tim mahasiswa kampus mengajar 7 berkoordinasi dengan  kepala sekolah dan dewan guru.

Adapun lomba yang diadakan diantaranya kebersihan kelas, pojok baca, dan green school area, lomba poster kreasi, baca berita, dan cerdas cermat. Kegiatan ini merupakan rangkaian dan bagian dari program Kampus Mengajar yang meliputi Jumat kiterasi, penataan pojok baca, donasi buku, menciptakan lingkungan kaya teks. Pohon literasi dan numerasi, pelatihan Canva bagi guru dan siswa, pemanfaatan akun belajar.id.  Administrasi perpustakaan dan Festival Literasi dan Numerasi.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Ingatkan Pendaki Gunung Slamet agar Selalu Waspada

Kepala SMP Negeri 1 Talang Ahmad Ropi'i SPd MPd menyatakan, lomba kebersihan dan pojok baca dimulai dari tanggal 22 April-8 Mei 2024. Sedangkan lomba green area school dilaksanakan pada tanggal 4 Mei, acara dimulai pukul 08.00. 

“Seluruh siswa kelas VII dan VIII berkumpul di lapangan untuk mengikuti pembukaan festivali," ujarnya.

Puncak festival Sabtu, 11 Mei 2024 dengan pembacaan juara. Juara I pojok baca diraih oleh kelas VII E dan VIII D. Lomba kebersihan kelas diraih VII H dan VIII A. Juara  I lomba baca berita diraih Widda Ainy dari VIII H, juara I lomba poster diraih Kayla Fatimatus Sahal VII F. Juara I LCC diraih kelas VIII E, Siti Nur Afifah.

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Gelontorkan Bantuan Permakanan dan Sandang

Menurutnya, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang masih kurang dan sadar akan pentingnya literasi dan numerasi untuk siswa.  Untuk seluruh siswa  dan dewan guru, membaca itu sehat, menulis  itu hebat. Kedewasaan dalam bersikap itu sangat dibangun oleh kemampuan literasi seseorang, menerima informasi, mengolah informasi dan memberikan respons. 

“Maka banyak-banyaklah membaca secara umum baik digital, buku, serta membaca situasi. Literasi dan Numerasi ini sangat penting untuk menuju Indonesia emas," ungkapnya. 

Kategori :