Tips Hemat dalam Menjalankan Puasa Tahun 2024

Minggu 17-03-2024,13:30 WIB
Reporter : Qonita Wulandari Putri
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Bulan ramadhan tentunya akan banyak pengeluaran yang cukup signifikan. Adapun tips hemat dalam menjalankan ibadah puasa  supaya tetap bisa menabung. Pastinya kegiatan dibulan ramadhan ini sangat produktif dengan adanya pekerjaan, tugas rumah Serta kegiatan seperti tadarus, olahraga dan ngabuburit.

Kegiatan yang dilakukan juga perlu adanya transaksi seperti kita membeli barang, makanan untuk berbuka, baju untuk lebaran dan lain sebagainya. Beberapa orang akan terlengah dengan pengeluaran tersebut karena mereka menggap hanya setahun sekali. Namun, yang disayangkan mereka seakan lupa, tak perlu khawatir dengan mengikuti Tips hemat dalam menjalankan ibadah puasa. Faktanya, masyarakatpun akan menyadari berapa pentingnya hal tersebut.

Masyrakat yang bijak akan mengikuti tipis hemat dalam menjalankan ibadah puasa sebagai salah satu cara mengkontrol pengeluaran. Pilihan kegiatan yang mungkin dapat menghemat  pengeluaran dengan memilih sesuai kebutuhan. Memberikan efek baik bagi diri kita sendiri.

Banyak hal yang perlu di lakukan selain menjaga kesehatan. Pengeluaran yang konsumtif dapat menyebabkan gaya hidup yang hedon, Sebagai manusia yang bijak seharusnya dapat membedakan anta kebutuhan dan keingan. Hidup yang berkecukupan dan dapat mengatur keuangan merupakan impian bagi sebagian orang terutama bagi orang yang konsumtif.

BACA JUGA: Cara Hemat saat Ramadan agar Tidak Boncos Usai Lebaran

Rekomendasi dalam berbagi tips  menghemat dalam menjalankan ibadah puasa. Melakukan hal tersebut akan memberikan efek baik pada masyarakat agar tidak menjadi masyarakat yang konsumtif. Masyarakat dihimbau untuk selalu menabung.

Beberapa tips hemat dalam menjalankan ibadah puasa :

1. Membeli barang sesuai kebutuhan

2. Membeli makanan sesuai kemampuan dan tidak berlebihan

3. Sisihkan Rp. 10.000 setiap harinya

4. Menggunakan uang dengan bijak Dan tidak konsumtif

5. Menghitung pengeluaran setiap harinya 

Olahraga merupakan salah satu tips hemat dalam Men jalan ibadah puasa yang  dilakukan karena selain efektif untuk kesehatan kaki juga dapat menurunkan  berat badan . Berolahraga dapat memberikan efek yang baik pada butuh agar menjadi lebih bugar . Lakukan setiap sore menjelang berbuka untuk menurunkan berat.

Dalam mngikuti tips hemat dalam menjalankan ibadah puasa juga terdapat manfaat yang baik. Entah dari segi ekonomi,  kesehatan serta tidak menjadi orang yang konsumtif.

BACA JUGA: Cara Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan Agar Ibadah Puasa Bisa Tenang dan Nyaman

Kategori :

Terkait