6 Cara Melunasi Utang Pinjol dengan Perencanaan Pembayaran yang Baik Supaya Lancar Tanpa Nunggak

Jumat 08-03-2024,00:00 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Dengan membuat anggaran keuangan yang realistis akan jelas berapa utang yang dapat dilunasi. Selain itu, cara ini harus dilakukan secara konsisten setiap bulannya sampai utang lunas.

4. Prioritaskan Bayar Utang

Apabila sudah melakukan evaluasi terhadap utang, prioritaskan bayar utang setiap tanggal jatuh tempo. Jika punya banyak utang, utamakan bayar utang bunga tinggi untuk dilunasi terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan supaya bunga dan denda keterlambatan tidak menyebabkan kesulitan bayar tagihan. Bukan hanya itu, jika utang semakin menumpuk dapat menjadi beban finansial dikemudian hari.

BACA JUGA: 8 Pinjol Tanpa KTP Cepat Cair yang Aman dari Teror DC Lapangan, Legal Terdaftar OJK

5. Catat Tanggal Pembayaran Utang

Perencanaan untuk melunasi utang juga diperlukan mengingat waktu pembayaran. Anda bisa memanfaatkan kalender pribadi untuk memastikan tidak melewatkan masa jatuh tempo.

Hal ini dapat membantu Anda menghindari denda keterlambatan. Selain itu, bertujuan pula supaya utang dibayar tepat waktu.

6. Pertimbangkan Pembayaran Awal

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk membayar lebih awal dari jadwal. Ini tidak hanya mengurangi jumlah bunga yang harus Anda bayar, tetapi juga memastikan Anda tidak lupa membayar

Itulah informasi seputar langkah membuat perencanaan untuk melunasi utang pinjol dengan baik dan benar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas sudah dipastikan Anda tidak kesulitan dalam membayar utang.

BACA JUGA: 10 Pinjol Legal Tanpa DC Lapangan Terbaru 2024, Penagihan Aman dari Teror atau Ancaman

Demikian informasi seputar cara membuat perencanaan untuk melunasi utang pinjol supaya tidak menumpuk. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :