7 Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Harus Menjual Barang, Mudah dan Efektif

Senin 04-03-2024,20:55 WIB
Reporter : Meiffio Hasanain Mayzaldin
Editor : Laela Nurchayati

Untuk melunasi utang tagihan pinjaman online supaya tidak menumpuk dan mudah dibayar, yakni cari pendapatan tambahan. Anda bisa mencari pekerjaan paruh waktu atau freelance supaya memudahkan dalam proses pelunasan utang.

Pendapatan tambahan ini dapat membantu Anda melunasi utang lebih cepat. Selain itu, cara ini juga bisa menghindari penumpukan utang yang nantinya sulit dibayar.

5. Konsolidasi Utang

Strategi berikutnya yaitu dengan menggabungkan semua utang menjadi satu dari yang lebih besar dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Cara ini membuat pengelolaan utang Anda lebih mudah, dan bisa menghemat uang dari tingkat bunga yang lebih rendah.

BACA JUGA:Aturan Jam Kerja DC Lapangan Pinjol Terbaru 2024 dari OJK, Penagihan Gak Boleh 24 Jam Non Stop

6. Kurangi Pengeluaran

Cara melunasi utang pinjol berikutnya yaitu dengan mengurangi pengeluaranmu setiap bulannya. Mungkin Anda bisa mengurangi makan di luar, mengurangi belanja, dan lain sebagainya.

Uang yang dihemat tersebut dapat dialokasikan untuk melunasi utang. Jadi, nantinya tidak ada tagihan menumpuk yang dapat menimbulkan kesulitan bayar tagihan.

7. Cari Dukungan dari Ahli Keuangan atau Konselor Keuangan

Langkah terakhir, jika Anda kesulitan bayar utang yakni dengan mencari dukungan dari ahli keuangan atau konselor. Mereka dapat memberikan saran yang spesifik untuk situasi keuangan Anda dan membantu merencanakan strategi yang lebih efektif untuk melunasi utang.

Demikian informasi seputar cara melunasi utang pinjol tanpa jual barang agar tagihan tidak menumpuk. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :