Bebas dari Jeratan Pinjol, Apa yang Harus Dilakukan? Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Minggu 25-02-2024,23:45 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Pinjol atau Pinjaman Online belakangan ini menjadi fenomena masyarakat secara luas. Lebih-lebih lagi, mereka yang membutuhkan uang darurat. Disisi lain, nasabah seharusnya tahu cara bebas dari jeratan pinjol.

Kendati demikian, tidak bisa membayar utang pinjol alias pinjaman online adalah situasi yang kerap membuat pusing penggunanya. Nasabah seharusnya paham bagaimana bebas dari jeratan pinjol. 

Sebenarnya, ada cara bebas utang pinjaman online yang bisa kalian lakukan supaya terhindar dari teror Dept Collector atau DC lapangan pinjol karena Galbay (Gagal Bayar).

Untuk itu, melansir dari berbagai sumber, berikut kami sajikan beberapa tips bebas dari utang pinjaman online dengan cepat yang bisa kalian coba:

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Bebas dari Jeratan Pinjol

Setelah berhasil bebas dari jeratan pinjaman online, kalian tentu merasa lega dan bahagia. Namun, jangan sampai kalian kembali terjerumus ke dalam lubang hutang yang sama. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah bebas dari pinjaman online, yaitu:

BACA JUGA:Ingin Lepas dari Jeratan Pinjol? Inilah 10 Cara Bebas dari Pinjol Tanpa Bayar Sepeserpun

BACA JUGA:Terjebak Jeratan Pinjol? Inilah Syarat dan Cara Bebas dari Pinjol Tanpa Bayar Terbaru 2024

1. Buat Perencanaan Keuangan yang Matang

Perencanaan keuangan adalah kunci untuk mencapai keuangan yang sehat. Kalian harus membuat anggaran pengeluaran dan pendapatan kalian setiap bulannya. Kalian juga harus menentukan tujuan keuangannya, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu, kalian harus menyiapkan dana darurat untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak.

2. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Gaya hidup konsumtif adalah salah satu faktor yang bisa membuat kalian terjerat pinjaman online. Kalian harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginannya. Kalian juga harus bisa menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang tidak perlu atau melebihi kemampuannya. Kalian harus bisa hidup sesuai dengan kemampuan kalian sehingga bebas dari jeratan pinjol.

3. Belajar dari Pengalaman

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Kalian harus belajar dari pengalaman kalian yang sudah terjerat pinjol dan tidak mengulanginya lagi. Dan harus mengetahui apa penyebabnya kalian mengambil pinjol, apa dampaknya bagi keuangan kalian, dan apa solusinya. Dengan begitu, kalian bisa menghindari kesalahan yang sama di masa depan.

4. Memiliki Asuransi

Kategori :