Efek Lidah Buaya! Simak Hal yang perlu Diwaspadai!

Senin 19-02-2024,21:15 WIB
Reporter : Zahra Marsa Nabila
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG -  Lidah buaya atau aloevera sudah dikenal memiliki banyak manfaat. Baik untuk kesehatan, perawatan wajah, hingga perawatan rambut yang sudah digunakan sejak dulu. Namun, e fek lidah buaya juga bisa mengena siapa saja.

Efek lidah buaya biasanya timbul karena penggunaan yang berlebihan atau Anda memiliki alergi terhadap lidah buaya. Tumbuhan ini biasanya digunakan bagian daging atau gelnya yang banyak digunakan.

Penggunaan lidah buaya yang paling sering dilakukan adalah dengan dijadikan perawatan wajah, seperti masker. Efek lidah buaya dapat terjadi bukan berarti lidah buaya berbahaya jika digunakan.

Lidah buaya biasanya digunakan untuk mengobati jerawat. Efek lidah buaya dapat dirasakan ketika wajah memiliki tingkat sensitifitas tinggi maupun penggunaan yang berlebihan karena dinilai akan lebih cepat hasilnya.

BACA JUGA : 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Berikut beberapa efek lidah buaya ini perlu diwaspadai agar tidak berbahaya bagi tubuh:

1. Kulit Kering

Efek lidah buaya   yang pertama adalah kulit kering. Sebenarnya manfaat lidah buaya dapat membuat kulit menjadi lebih lembap, namun jika penggunaannya tidak diperhatikan akan berakibat buruk.

Pada lidah buaya terkandung salicylic acid ini berguna untuk membersihkan sel kulit mati bahkan menyerap minyak berlebihan pada wajah. Namun jika penggunaan yang berlebihan dapat berbahaya.

Karena kemampuannya menyerap minyak yang berlebih, jika digunakan secara berlebih tentu akan berakibat minyak berkurang pada wajah. Dalam menggunakannya juga tidak disarankan digunakan dalam waktu yang lama.

2. Iritasi Kulit

Iritasi kulit menjadi efek samping dari penggunaan lidah buaya yang salah. Lidah buaya mengandung barbolin dan aloin yang dapat menimbulkan efek alergi pada jenis kulit sensitif.

Hal yang biasanya terjadi adalah iritasi kondisi yang terjadi biasanya kulit menjadi kemerahan, gatal bahkan perih pada bagian yang menggunakan lidah buaya. Biasanya efek ini dapat dinetralisir dengan penghentian penggunaan.

Jika sudah membaik bisa menggunakan lagi namun dengan hati-hati. Apabila kondisi wajah belum membaik dapat berkonsultasi ke dokter agar dapat disembuhkan dengan pengobatan medis.

BACA JUGA : 12 Manfaat Lidah Buaya untuk Atasi Masalah Kulit Wajah

3. Kulit Terbakar

Efek yang ditimbulkan lidah buaya lainnya adalah kulit akan terasa terbakar. Efek ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki jenis kulit sensitif.

Kondisi ini dapat dirasakan dengan efek panas dan rasa seperti terbakar pada kulit yang menggunakan perawatan. Jika hal ini terjadi segera hentikan penggunaan lidah buaya dan konsultasikan ke dokter jika belum membaik.

4. Sensitif terhadap Matahari

Efek lidah buaya yang berikutnya adalah sensitif terhadap sinar matahari, efek ini lanjutan dari efek kulit terbakar. Walaupun lidah buaya memiliki manfaat, ada efek sampingnya yaitu membuat wajah menjadi sensitif.

Efek ini timbul karena kandungan di lidah buaya yaitu aloin yang memicu terjadinya fotosensitif. Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari bahkan mengalami peradangan hingga eksim.

5. Gatal

Efek lidah buaya yang terkahir adalah gatal, efek ini merupakan reaksi alami ketika tanaman lidah buaya menyentuh kulit. Namun, efek gatal dari reaksi tanaman ini tentunya tidak berlangsung lama.

Jika efek gatal semakin parah merupakan tanda bahwa Anda memiliki jenis kulit yang sensitif. Dengan demikian sebaiknya penggunaan lidah buaya untuk perawatan kulit dihentikan agar tidak semakin parah.

BACA JUGA : Bukan Cuma Berguna untuk Wajah, Manfaat Lidah Buaya Ternyata Juga Efektif Turunkan Berat Badan

Tentunya untuk mendapatkan hasil memuaskan dari penggunaan lidah buaya tentunya harus memperhatikan beberapa hal. Penggunaannya hanya 10 – 15 menit saja untuk masker gel lidah buaya agar mendapat manfaatnya.

Dengan adanya efek lidah buaya sebaiknya dikonsultasikan pada dokter kulit, sebelum menggunakannya. Karena tidak semua penyakit kulit dapat disembuhkan dengan menggunakan lidah buaya. (*)

Kategori :