Nasabah Galbay INDOSAKU, Apakah Ada DC Lapangan yang Datang ke Rumah?

Senin 12-02-2024,16:45 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

3. Penagihan Lewat DC Lapangan Kunjungan

Jika debitur tidak merespon peringatan dan panggilan telepon dengan baik, inilah saatnya DC lapangan datang ke rumah untuk melakukan penagihan.

Digunakan jika komunikasi penagihan melalui telepon dan media komunikasi lainnya (seperti email dan messaging) tidak efektif atau bila dipandang kunjungan Field Collector diperlukan.

Perusahaan pinjol diperbolehkan bekerjasama dengan pihak ke-3 dalam rangka efisiensi dan efektivitas kerja. Pihak ke-3 harus tunduk dengan sejumlah ketentuan dan kode etik dari Asosiasi dan Peraturan OJK.

Namun perlu diingat bahwa Indosaku merupakan fintech lending yang telah terdaftar dan diawasi OJK, jadi besar kemungkinan bahwa proses penagihan yang dilakukan melalui kunjungan langsung sesuai dengan peraturan yang dibuat OJK terkait penagihan atas kasus galbay.

BACA JUGA:Nasabah Galbay Pinjol 90 Hari Benarkah Utang Dianggap Lunas

4. Pelaporan ke SID OJK, BI Checking

Selain melakukan penagihan, perusahaan P2P Lending punya kewajiban untuk melaporkan nasabah yang menunggak ke SID OJK atau dulu dikenal sebagai BI Checking.

Implikasinya, nasabah yang menunggak di Indosaku akan punya catatan kredit yang buruk yang nantinya akan menghambat mereka saat akan meminjam di bank atau lembaga keuangan lain. Perlu diingat bahwa catatan kredit menjadi faktor penting dalam keputusan approval pinjaman di lembaga keuangan.

Data Fintech Database di update lebih cepat, bisa harian atau bahkan real-time, dibandingkan update SID OJK yang dilakukan sebulan sekali. Cara kerja Fintech Database lebih efektif mengidentifikasi nasabah blacklist di pinjol yang umumnya punya tenor masa pinjaman kurang dari 30 hari.

5. Penagihan ke Teman, Saudara, Keluarga

Apakah Indosaku bisa melakukan penagihan ke teman, saudara, keluarga atau teman kerja ? Secara teori bisa karena POJK tidak melarang.

Namun, Indosaku akan melakukan penagihan dengan menghubungi keluarga, teman, atau pihak lain yang terkait dengan peminjam yang nomor teleponnya tercantum sebagai nomor darurat. Jadi, hanya yang tercantum di kontak darurat.

6. Penagihan Indosaku Lewat Telepon Desk Collection

BACA JUGA:Daftar Layanan Pinjol Legal yang Tidak Ada DC Lapangan dengan Bunga Rendah dan Tenor Panjang Terbaru 2024

Jika debitur tidak memberikan respon yang baik pada peringatan yang dikirimkan, tim penagih Indosaku akan meningkatkan intensitas dengan melakukan penagihan melalui panggilan telepon langsung ke debitur.

Kategori :