4 Penyebab Debt Collector tak Berani Tagih ke Rumah

Rabu 07-02-2024,11:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Mengirimkan seorang debt collector untuk mengunjungi rumah debitur memerlukan biaya tambahan, seperti biaya perjalanan dan waktu.

Jika jumlah utang yang harus dikumpulkan relatif kecil atau jika ada banyak debitur dengan tunggakan, perusahaan mungkin tidak menganggap kunjungan ke rumah sebagai pilihan yang efisien secara finansial.

3. Strategi Perusahaan

Beberapa perusahaan atau lembaga yang menggunakan jasa debt collector (DC) mungkin memiliki kebijakan untuk tidak melakukan kunjungan ke rumah debitur.

Mereka mungkin lebih memilih untuk menggunakan komunikasi telepon, surat, atau email untuk melakukan penagihan guna menghindari masalah hukum atau konfrontasi.

BACA JUGA:Jangan Terjebak! Inilah 7 Risiko Galbay Pinjol Legal yang Harus Diperhatikan, Penting sebelum Ajukan Pinjaman

4. Undang-Undang dan Regulasi

Di beberapa negara, ada undang-undang dan regulasi ketat yang mengatur praktik penagihan utang oleh pihak ketiga. Beberapa undang-undang mungkin membatasi atau melarang praktik tertentu, termasuk kunjungan fisik oleh debt collector ke rumah debitur.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun seorang debt collector (DC) mungkin tidak mengunjungi rumah debitur, itu tidak berarti tanggung jawab utang hilang begitu saja. Mereka masih dapat menggunakan berbagai metode komunikasi lainnya untuk melakukan penagihan, seperti telepon, surat, atau email.

Jika kalian adalah debitur yang memiliki tunggakan, penting untuk menghadapi tanggung jawab finansial kalian dengan berkomunikasi secara jujur dan membicarakannya dengan kreditur atau lembaga keuangan yang bersangkutan. Jika kalian kesulitan membayar hutang, cobalah untuk mencari opsi restrukturisasi utang atau bantuan konseling keuangan.

Demikian beberapa informasi mengenai penyebab Debt Collector (DC) lapangan tidak datang kerumah setelah nasabah galbay (gagal bayar) yang harus kalian ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :