8 Olahraga Mengecilkan Perut Buncit Terbukti Efektif dan Aman!

Jumat 26-01-2024,12:00 WIB
Reporter : Fatimah Ainun Azzahra
Editor : Fatimah Ainun Azzahra

DISWAY JATENG-  Perut buncit adalah suatu kondisi disebabkan karena adanya penumpukkan lemak. Masalah tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, dan sakit jantung.

Mengecilkan perut buncit dengan berbagai cara banyak dilakukan terutama pada pria berusia di atas 40 tahun. Sebab, pria berusia 40 tahun mengalami penurunan kadar hormon testosteron.

Kondisi tersebut membuat lemak sangat mudah tersimpan dan menumpuk di area perut. Tetapi Anda tak perlu khawatir, ada beberapa gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit.

Aktivitas tersebut berupa burpees, mountain climbers, turkish get-up, medicine ball burpees, side to side medicine ball slams, dan overhead medicine ball slams. Berikut penjelasan gerakan yang dapat mengecilkan perut buncit tersebut:

1. Burpees 

Burpees adalah gerakan melatih otot dada, trisep, bahu, dan paha depan serta dapat melihatkan gerakan pilometrik. Yang dapat membuat jantung bekerja lebih aktif dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Bagaimana cara melakukan burpees untuk mengecilkan perut buncit? Pertama, berdiri dengan kaki selebar bahu. Turunkan tubuh dengan gerakan membungkuk dan pinggul ke belakang seperti menungging.

Dalam posisi hampir jongkok, kemudian lompat setinggi-tingginya, posisikan tangan lurus ke dua sisi tubuh. Setelah melompat, tumpu berat badan dengan tumit.

2. Mountain Climbers

Olahraga yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah mountain climbers. Cara melakukannya dengan memposisikan tubuh seperti push-up.

Lalu, tekuk salah satu lutut ke bagian dada bergiliran dengan lutut satunya. Kencangkan otot perut selagi melakukan gerakan tersebut.

3. Turkish Get-up

Olahraga untuk mengecilkan perut buncit ini membutuhkan alat bantu berupa kettlebell. Pertama, osisikan tubuh berbaring miring ke kiri, dan tangan kanan memegang alat.

Kemudian, perlahan luruskan tangan kiri membentuk sudut 45 derajat lalu angkat tangan ke atas. Lakukan setidaknya 3 kali dalam seminggu.

4. Medicine Ball Burpees

Kategori :