Kenali Kelebihan dan Kekurangan KTA yang Wajib Kamu Tahu, Solusi Kredit Praktis Tanpa Jaminan!

Senin 11-12-2023,22:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

5. KTA Tanpa Kartu Kredit

Tanpa harus memiliki kartu kredit yaitu salah satu syarat yang diperbolehkan dalam proses pengajuan yang satu ini. KTA Tanpa Kartu Kredit cocok bagi kita yang memiliki catatan kredit namun memerlukan pinjaman dengan jumlah yang cukup besar.

Keunggulan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Seperti namanya, produk pinjaman ini memang dikenal sebagai pinjaman yang sepenuhnya tidak menggunakan jaminan sebagai syarat pengajuan. Di samping itu terdapat keunggulan lain seperti:

  • Dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan baik modal usaha, biaya hidup, dan lain sebagainya.
  • Pencairan dana yang cenderung cepat.
  • Proses pencairannya singkat dan mudah

Kekurangan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

BACA JUGA:5 Alasan Pinjaman KTA Ditolak Oleh Bank, Melengkapi Syarat Dokumen Saja Tidak Cukup!

Selain keunggulan, terdapat beberapa kekurangan Kredit Tanpa Agunan yang bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengajukan KTA, sebagai berikut :

  • Plafon pinjaman rendah : Berbeda dari produk pinjaman lainnya, Kredit Tanpa Agunan biasanya hanya memberi limit pinjaman maksimal Rp.200 juta.
  • Suku bunga yang relatif tinggi : Dikarenakan peminjam tidak diharuskan mempersiapkan jaminan sebagai syarat pinjaman sehingga risiko pinjaman cukup tinggi, maka bunga pinjaman yang dikenakan juga tinggi.
  • Beberapa bank mewajibkan calon peminjam memiliki kartu kredit aktif sebagai syarat pinjaman.
  • Jika masih memiliki aset dan memerlukan dana cepat, tidak ada salahnya untuk mencoba gadai di Pegadaian. Selain emas, kita juga bisa menggadai barang lain yang masuk dalam kategori Gadai Non-emas seperti kamera, smartphone, laptop, TV, dan lain sebagainya.

    Pinjamannya pun bisa cair di hari itu juga. Selain itu, gadai di Pegadaian bisa diperpanjang, dilunasi, dan dicicil sewaktu-waktu. Untuk mengajukan gadai, kita bisa datang langsung ke outlet Pegadaian di seluruh Indonesia dengan membawa barang jaminan serta KTP.

     

    Setelah mempertimbangkan keunggulan, kekurangan, serta berbagai jenis Kredit Tanpa Agunan, kini saatnya kita bijak dalam membuat pilihan sesuai kebutuhan. Selain itu, kita juga harus memilih lembaga keuangan yang aman, terpercaya, serta sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya kerugian bagi peminjam uang jika terjadi sesuatu diluar perjanjian. Semoga bermanfaat. (*)

     

    Kategori :