Risiko Pinjaman Tanpa BI Checking, Jangan sampai Terjebak Gali Lubang Tutup Lubang

Minggu 10-12-2023,00:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

Risiko dari Pinjaman Tanpa BI Checking

Pinjaman tanpa BI checking yang menjanjikan dana cepat dengan proses mudah memang sangat menggoda. Apalagi ada banyak perusahaan fintech yang persyaratannya tidak sulit untuk dipenuhi. 

Hanya bermodalkan KTP dan NPWP saja. Namun, kalian tetap harus cermat memahami risiko yang mungkin timbul jika kalian memilih pinjaman tanpa BI checking berikut ini :

1. Biaya administrasi tersembunyi

Ada pula aplikasi pinjaman tanpa BI checking menjanjikan bunga rendah, namun jika ditambahkan dengan biaya administrasi, biaya layanan, dan lain-lain, bisa jadi hasil akhir perhitungan uang yang harus kalian kembalikan jadi jauh lebih besar.

Karena itu, jika kalian betul-betul terpaksa harus mengajukan pinjaman, pastikan perusahaan fintech penyedia pinjaman tanpa BI Checking tersebut sudah terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Bunga tinggi

Ada banyak sekali yang menyediakan pinjaman tanpa BI Checking bisa langsung cair namun dengan bunga yang sangat mencekik. Tidak heran bila banyak yang menyebutnya sebagai rentenir online.

3. Dikejar Debt Collector

Salah satu risiko yang mungkin akan dihadapi adalah dikejar oleh debt collector. Jika kalian gagal membayar pinjaman sesuai ketentuan, perusahaan pinjaman mungkin akan mengirim kolektor utang yang dapat membuat hidupmu semakin sulit.

Cara Mengetahui BI Checking Pakai SkorLife

BACA JUGA: 5 Pinjol Cepat Cair Tanpa BI Checking, Hati-hati Jangan Terjebak Gali Lubang Tutup Lubang

Apakah kalian ingin mengetahui riwayat dan performa finansialmu dalam 24 bulan terakhir? SkorLife adalah aplikasi yang paling mudah untuk mengecek BI checking di ponselmu. Dengan SkorLife, kalian dapat melacak riwayat pinjaman yang telah digunakan.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk menggunakan aplikasi SkorLife, antara lain :

  • Download Aplikasi SkorLife: Unduh aplikasi SkorLife dari App Store atau Google Play Store. Pastikan kalian mengunduh versi resmi aplikasi ini.
  • Buat Akun : Setelah berhasil mengunduh aplikasi, buatlah akun dengan mengikuti petunjuk yang ada di layar. Proses pendaftaran ini umumnya membutuhkan informasi pribadi dasar seperti nama, alamat email, dan nomor telepon.
  • Verifikasi KTP : SkorLife memiliki fitur verifikasi KTP untuk memastikan bahwa data yang kalian masukkan sesuai dengan data yang terdaftar di Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Ini adalah langkah penting untuk melindungi keamanan data pribadimu. Proses verifikasi KTP biasanya dilakukan oleh mitra biro kredit yang bekerja sama dengan SkorLife.
  • Lihat Skor Kreditmu : Setelah proses verifikasi berhasil, kalian dapat langsung melihat skor kreditmu melalui aplikasi SkorLife. Skor kredit ini mencerminkan seberapa baik atau buruk riwayat kreditmu dalam 24 bulan terakhir.

Dengan SkorLife, kalian dapat mengakses informasi penting tentang kesehatan keuanganmu dengan cepat dan mudah. Ini dapat membantu kalian dalam mengambil keputusan finansial yang lebih bijak dan menjaga kualitas kreditmu di masa depan.

Itulah beberapa ulasan tentang BI Checking, risiko pinjaman tanpa BI Checking, dan membersihkan nama di BI Checking yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :