Waspada Kejahatan Dunia Maya! Kenali 10 Jenis Kejahatan Cyber Crime beserta Contohnya

Sabtu 09-12-2023,23:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

DISWAY JATENG - Cyber crime adalah kejahatan yang dilakukan di dunia maya. Merupakan salah satu dari jenis kejahatan yang meningkat saat pandemi karena perubahan kehidupan masyarakat yang serba online.

Ada banyak metode kejahatan dunia maya yang berbeda. Mulai dari pencurian data, pembobolan akun, hingga meminta sumbangan atas nama para korban pandemi.

Cyber crime adalah kejahatan yang dilakukan oleh penjahat dengan menggunakan teknologi komputer dan internet untuk menyerang sistem informasi korban.

Berikut beberapa contoh cyber crime atau kejahatan dunia maya yang berbahaya, antara lain :

1. Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan/atau sistem elektronik dengan cara apapun dengan tujuan untuk memperoleh informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik.

BACA JUGA:Hati-Hati, Kejahatan Siber Ada Dimana Saja: Berikut Pengetian, Jenis dan Cara Mengantisipasinya

2. Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan/atau sistem elektronik milik orang lain dengan cara apapun.

3. Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan/atau sistem elektronik dengan cara apapun dengan melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan.

Jenis Kejahatan Cyber Crime

Ada beberapa jenis kejahatan cyber crime yang perlu mendapat perhatian publik, antara lain:

1. Kejahatan Phishing

Phishing adalah contoh cyber crime yang mencoba melakukan penipuan dengan menipu korbannya. Umumnya, kejahatan ini dilakukan melalui email atau media sosial lainnya, seperti mengirim tautan palsu, membuat situs web palsu, dll.

Tujuannya adalah untuk mencuri data penting korban seperti ID, password, PIN, OTP (One-time password) dari rekening keuangan, seperti mobile banking, internet banking, paylater, dompet digital, kartu kredit.

2.  Kejahatan Skimming

Jenis kejahatan cyber crime lain yang harus diwaspadai adalah skimming. Skimming adalah kejahatan perbankan yang melibatkan pencurian data kartu debit atau kredit untuk menarik uang dari rekening.

Kategori :