Ngeri! Inilah 5 Hutan di Jawa Tengah yang Dikenal Paling Angker, Bikin Merinding

Jumat 24-11-2023,19:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

DISWAY JATENG - Hutan dikenal sebagai jantung kehidupan bagi seluruh makhluk dimuka bumi. Teduhnya hutan bikin udara terasa sejuk dan menenangkan. Namun di balik teduh dan gagahnya hutan, terselip beberapa kisah mistis yang menyeramkan.

Tidak jauh berbeda dengan hutan di berbagai kawasan lainnya, Pulau Jawa juga menyimpan cerita mistis dan horor. Termasuk hutan yang ada di Jawa Tengah (Jateng).

Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki banyak hutan yang tersebar di berbagai daerah. Bahkan, berdasarkan data Perhutani, luas kawasan hutan di Jawa Tengah mencapai 635.746,79 hektare yang terdiri dari hutan produksi, hutan produksi terbatas, dan hutan lindung. Dari banyak hutan di Jawa Tengah itu, lima di antaranya banyak menyimpan cerita misteri.

Berikut lima hutan di Jawa Tengah yang Dikenal Paling Angker :

1. Hutan Pinus Limpakuwus

BACA JUGA:Cerita Mistis Gunung Lawu Bikin Bulu Kuduk Merinding, Larangan Baju Warna Hijau!

Hutan Pinus Limpakuwus berada di Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hutan ini juga dikenal sebagai hutan paling angker di Jawa Tengah.

Hutan ini dulunya kerap digunakan para pencinta motor trail dan offroader karena struktur lintasan yang terjal dan menanjak. Maka dari itu hutan ini sering terjadi kecelakaan sehingga lintasan tersebut ditutup untuk beberapa lama dan sekarang berubah menjadi tempat wisata alam Hutan Pinus Limpakuwus.

Di balik keindahan alamnya yang menyejukkan mata, hutan ini menyimpan kisah mistis. Menurut cerita yang beredar, ada orang yang menghilang di hutan ini karena mengikuti seseorang yang seolah membawanya ke alam ghaib.

2. Hutan Tongtongan

Hutan Tongtongan berada di Desa Juworo, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan. Hutan ini dikenal paling angker di Jawa Tengah karena merupakan lokasi kuburan massal aktivis PKI pada era 1965-1980.

Meski dikenal sebagai kuburan massal, tidak ada jejak nisan di area hutan tersebut. Selain cerita soal kesurupan, ada juga cerita soal penampakan saat proses betonisasi ruas jalan di dekat hutan itu.

3. Alas Roban

Hutan yang dikenal paling angker di Jawa Tengah adalah Alas Roban. Secara administrasi, hutan ini terletak di Kecamatan Grising, Kabupaten Batang.

Hutan ini terkenal sangat misterius dan menakutkan. Setiap pengendara mobil yang melewati hutan ini selalu waspada dan berhati-hati, terutama saat malam hari.

Kategori :