Taman Wisata Rodjo Tater Bogares Kabupaten Tegal, Piknik sekaligus Edukasi Anak

Senin 13-11-2023,15:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Endang Wulandari

DISWAY JATENG - Tempat wisata sekaligus untuk edukasi anak memang jarang ditemukan. Namun di Rodjo Tater menyediakan dengan beragam jenis edukasi yang dapat Anda nikmati bersama anak dan keluarga. Sehingga tidak hanya liburan tetapi juga mendapatkan wawasan.

Wisata Rodjo Tater merupakan salah satu destinasi wisata alam unggulan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Wisata Rodjo Tater ini berada di Jalan Raya Bogares Kidul No.32, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Waktu buka setiap hari, mulai pukul 08.00 sampai 16.30 WIB. Dengan harga tiket Rp.15.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada secara gratis.

Kalau dilihat namanya, Tater ini adalah singkatan dari tani dan ternak. Dimana wisata ini merupakan wisata edukasi mengenai hasil bercocok tanam tani maupun bertenak hewan. Tetapi di sini juga ditambahkan pada bagian fasilitas seperti kolam renang, waterpark, terapi ikan, mainan anak, ruang rapat dan tempat kuliner pusat oleh-oleh. Wisata ini dibuka untuk secara umum.

Selain itu, jika memasuki tempat wisata ini, akan ada banyak kursi, cafe, saung, musala, tempat sampah, kamar mandi, tempat karoke dan sebagainya.

BACA JUGA:Wisata Edukasi di Tegal. Inilah 5 Hal yang Anak-Anak Dapatkan Ketika Berkunjung ke Rodjo Tater

Di wisata Rodjo Tater kebanyakan dikunjungi oleh wisatawan, tentu pada hari weekend atau libur nasional. Sehingga disarankan menyusun agenda jauh-jauh hari untuk dapat menikmati wisatanya secara puas. Setiap harinya di tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh anak sekolah Taman Kanak-kanak (TK).

Manager Marketing Rodjo Tater, Khariri, menjelaskan bahwa ciri khas yang ada di wisata Rodjo Tater ini adalah hewan sapi dan kebun buah.

“Dari awal ciri khasnya di wisata ini adalah sapi dan kita memiliki kebun buah untuk sekitar 20 jenis buah. Kita lagi menyiapkan program glamping yaitu memberi makan sapi, ” jelasnya pada Minggu (12/2/2023).

“Sarana dan prasarana di sini yang tidak ada di tempat lain yaitu pohon jatinya yang rindang. Tidak ada di wisata lain khusus di Tegal ini,” tambah dia.

Ke depan, menurutnya, wisata ini bisa masuk ke dalam program wisata Provinsi Jawa Tengah bahkan sampai ke Nasional. “Kita lagi terus melakukan pengembangan sarana dan prasarana, supaya layak menampung bus-bus besar,” jelasnya.

Sementara, Wardiningrum (35), wali kelas salah satu TK di Suradadi mengatakan, berwisata ke Rodjo Tater ini karena wahananya banyak binatang dan tanamannya sehingga murid bisa belajar selain refreshing.

“Edukasi, selain bermain. Dalam satu tempat tapi anak-anak bisa belajar semuanya. Kalau paling menarik buat anak-anak di bagian tempat binatang dan kolam renang,” katanya.

Daya tarik utama yang disuguhkan Rodjo Tater adalah wisata edukasi untuk anak-anak dengan adanya hewan ternak dan macam-macam satwa. Di destinasi wisata alam ini, anak-anak bakal dikenalkan dan diedukasi tentang hewan ternak dan satwa.

Selain memiliki berbagai koleksi satwa, Rodjo Tater juga dilengkapi dengan kolam air, danau buatan, terapi ikan, ada juga kebun buah naga. Khusus untuk buah naga yang ada di Rodjo Tater, pengunjung dapat memetik sendiri langsung dari kebunnya. Selain itu, Rodjo Tater juga dilengkapi taman bunga, area olahraga panahan, glamping dan bahkan working space.

Di Taman Reptil, pengunjung bisa melihat ular berbagai jenis seperti pyton dengan berbagai ukuran. Termasuk juga terdapat beragam jenis hewan lain, di antaranya sapi, monyet dan kelinci yang tentunya asyik untuk hiburan anak-anak.

Kategori :