Top! Disdukcapil Kota Tegal Siap Hadapi Pemilu 2024

Minggu 08-10-2023,01:30 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Wawan Setiawan

DISWAY JATENG – Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal sudah siap dalam pendataan penduduk untuk keperluan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Semua itu dilakukan dengan melakukan jemput bola perekaman ke sekolah dan kepengurusan akta kematian. Hal itu disampaikan Plt Disdukcapil Kota Tegal Nasrudin Khusnul Khuluk dalam podcast di Studio Radar Tegal TV.

Nasrudin Khusnul Khuluk mengatakan Disdukcapil Kota Tegal sudah siap dalam menghadapi Pemilu 2024, dengan melakukan jemput bola di semua SMK dan SMA baik swasta ataupun negeri untuk perekaman pemilih pemula.

Kemudian jemput bola di 27 kelurahan yang ada di Kota Tegal. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Cabang Dinas Wilayah XI Tegal untuk melakakukan perekaman pemilih pemula.

BACA JUGA:Mantap! Disdukcapil Kota Tegal Lauching Sigap Pa Kemat, Permudah Kepengurusan Akta Kematian

"Dan progresnya sudah 50 persen lebih dalam kepemilikan KTP Elektronik," katanya.

Sedangkan untuk warga yang akan mengurus KTP yang rusak atau hilang bisa dicetak ulang dikantor Disdukcapil atau di TPDK kecamatan.

Upaya jemput bola

Jika belum memiliki KTP elektronik laporkan ke Disdukcapil agar dilakukan jemput bola. Pihaknya akan melakukan pelayanan yang maksimal. Sedangkan untuk pelayanan, inovasi dan jemput bola saat ini terus dilakukan.

"Hal itu dilakukan agar di tahun depan mereka sudah memiliki KTP elektronik dan dapat digunakan dalam Pemilu 2024 nantinya," ujarnya.

BACA JUGA:Disdukcapil Kota Tegal Menuju Satu Data Kependudukan

Untuk data penduduk setiap hari terus berkembang dan digunakan dalam Pemilu 2024. Disdukcapil terus berkoordinasi dengan KPU terkait data pemilih tetap dan tambahan.

"Kami secara rutin selalu berkoordinasi, karena perkembangan jumlah penduduk selalu berubah ada yang masuk dan keluar, untuk jumlah DPT ada 212800 jiwa. Dan bisa berkembang saat hari pemilihan nanti," katanya. (mei)

 

Kategori :