Berikut 6 Manfaat Buah Kecapi, Nomor 2 Luar Biasa!

Kamis 24-08-2023,07:03 WIB
Reporter : Dimas Hadi Ibrahim
Editor : Dimas Hadi Ibrahim

DISWAYJATENG.ID – Mengonsumsi buah sangat diperlukan oleh tubuh kita, dimana buah mempunyai peran yang bagus bagi kesehatan tubuh kita karena mempunyai banyak mengandung nutrisi.

Salah satunya yakni buah kecapi, dimana buah ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk membantu kesehatan tubuh kita. Apalagi pada cuaca yang sekarang yang tidak menentu sangat rentan bagi tubuh terkena penyakit.

Buah kecapi juga dikenal memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, yakni mulai dari daun, kulit buahnya hingga buahnya.   Hal itulah mengapa buah yang punya nama latin Sandoricum koetjape ini sering digunakan sebagai obat tradisional bagi kita.

Bahkan dibalik ukurannya yang kecil ternyata buah kecapi memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik, sehingga bisa memberi banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat kesehatan buah kecapi yakni termasuk membantu mencegah masalah kesehatan tertentu, meningkatkan imunitas tubuh dan sangat baik untuk pengidap diabetes.

Kecapi merupakan buah kecil dengan daging berwarna putih mirip seperti buah manggis, dan buah ini diduga berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya. Akan tetapi kini sudah menjadi populer di banyak negara termasuk di Indonesia.

BACA JUGA:Jarang diketahui, Ini Dia 5 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan

Buah ini mempunyai rasa yang manis dan sedikit asam, dimana buah kecapi sering diolah menjadi manisan, rujak atau marmalade. Bahkan tidak hanya lezat buah eksotis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara ini juga mengandung banyak nutrisi. 

Berikut adalah 6 manfaat buah kecapi untuk kesehatan, yakni antara lain:

1. Dapat Mencegah Kanker

Hal itu berkat kandungan antioksidannya juga dimana manfaat buah kecapi bisa mencegah kanker, bahkan didalam sebuah penelitian tikus yang memiliki tumor payudara diberi ekstrak buah kecapi utuh setiap hari.

Dimana setelah beberapa waktu dengan jumlah dan ukuran tumornya berkurang secara signifikan, tapi meski begitu manfaat buah kecapi yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Bisa Mengatasi Diare dan Sembelit

Kandungan serat dalam buah kecapi juga bisa membantu memperlancar proses buang air besar, dimana nutrisi tersebut bisa menarik air keluar dari usus besar atau menyerap kelebihan air dari feses, sehingga konsistensi feses tetap lembut.

3. Dapat Menurunkan Kolesterol Jahat

Kategori :