Simak Tips Ini! Cara Memudarkan Bekas Luka Operasi Caesar, Nomor 9 Harus Anda Lakukan

Selasa 22-08-2023,20:42 WIB
Reporter : Asyifa Suryani
Editor : Asyifa Suryani

DISWAYJATENG.ID - Inilah cara-cara untuk mengatasi luka setelah operasi caesar. Operasi caesar adalah prosedur pembedahan umum yang dilakukan untuk mengeluarkan bayi melalui sayatan di dinding perut dan rahim ibu.

Wanita yang telah melahirkan secara caesar pasti memilki bekas luka di bgin perutnya. Banyak wanita yang merasa bekas luka ini mengganggu penampilan, sehingga berusaha mencari cara untuk memudarkannya.

Pada umumnya, untuk memudarkan luka aibat caesar tersebut menggunakan gel atau salep yang direkomndasikan dokter maupun apotek. Langkah tersebut juga dianggap ampuh dalam mengatasi bekas luka caesar.

Setelah operasi ini, bekas luka akan sering muncul dan membutuhkan perawatan khusus untuk memudar seiring berjalannya waktu.

Berikut adalah beberapa artikel tentang cara memudarkan bekas luka setelah operasi caesar:

Operasi caesar, juga dikenal sebagai operasi cectio caesarea, sering meninggalkan bekas luka yang disebut sayatan. Sakit ini awalnya mungkin terasa gatal, merah, dan sedikit bengkak.

BACA JUGA:10 Tips Ampuh Mengatasi Perut Buncit pada Wanita, Nomor 5 Jarang Diketahui!

Namun, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi jaringan parut dan mempercepat proses penyembuhan.

1. Perawatan luka yang baik

Setelah operasi, penting untuk menjaga kebersihan luka dengan mencucinya dengan lembut menggunakan sabun lembut dan air hangat. Keringkan area tersebut dengan handuk bersih. Hindari menggosok luka untuk menghindari iritasi.

2. Cara menggunakan pita atau perban

Dokter Anda mungkin membalut Anda untuk melindungi lukanya. Mengganti pembalut secara teratur dan sesuai petunjuk dokter akan membantu mencegah infeksi dan mengurangi risiko infeksi.

BACA JUGA:10 Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut Buncit Dalam Waktu 10 menit Saja

3. Pijat luka

Setelah beberapa minggu setelah operasi, Anda bisa mulai memijat lembut bekas luka. Ini dapat membantu memecah jaringan parut dan merangsang sirkulasi darah, membantu memudarkan bekas luka.

Kategori :